Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar menyatakan korban banjir bandang di Gampong Leugah, Kecamatan Seulimum telah kembali untuk membersihkan rumah pascabanjir bandang yang melanda kawasan tersebut Senin (1/1) sekitar pukul 20.30 WIB.

"Banjir yang melanda kawasan tersebut telah surut dan sempat mengenangi rumah penduduk dan saat ini masyarakat telah kembali ke rumah untuk membersihkan lumpur," kata kepala BPBD Aceh Besar, Ridwan Jamil di Aceh Besar, Selasa.

Ia menjelaskan saat ini petugas masih berada di lapangan dan Dinas Sosial Kabupaten Aceh Besar telah mengantar bantuan kebutuhan pokok ke lokasi musibah banjir.

Menurut dia untuk Gampong Lampanah perlu segera dilakukan rehabilitasi dan pembangunan sementara untuk saluran pengairan ke sawah karena masyarakat sedang dalam proses menanam padi.

Ada pun kerusakan dan kerugian akibat banjir yang terjadi awal tahun di Kabupaten Aceh Besar tersebut diantaranya saluran bendungan di Lampanah dan bibir bendungan lebih kurang 150 meter dan lahan cabai seluas 50 hektare di kawasan Gampong Leungah mengalami gagal panen.

Sebelumnya berdasarkan laporan Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 20.30 tersebut akibat hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Aceh Besar dengan intensitas sedang hingga lebat.

Luapan banjir tersebut mulai terjadi pada pukul 20.30 WIB dengan ketinggian air bervariasi antara 50 hingga 80 Cm dan berlangsung hingga pukul 23.00 WIB, akibat musibah tersebut sebanyak 260 jiwa mengungsi ke Masjid Leungah dan SMP 5 Seulimuem.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018