Banda Aceh (Antaranews Aceh) - PT Garuda Indonesia (Persero) Cabang Banda Aceh mencatat ada kenaikan penumpang sebesar tiga persen dari Januari sampai November 2017 di provinsi setempat dibanding tahun 2016.

"Kenaikan penumpang tersebut tidak terlepas dari adanya kegiatan level nasional yang diselenggarakan sepanjang tahun 2017 dan termasuk adanya peningkatan jamaah umrah dari Aceh," kata General Manager PT Garuda Indonesia Cabang Banda Aceh, Sugiyono di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan untuk Aceh saat ini ada tiga rute domestik yakni Jakarta-Banda Aceh-Jakarta, Kualanamu-Lhokseumawe-Kualanamu dan Kualanamu-Sabang-Kualanamu dan satu rute internasional yakni Solo-Banda Aceh-Jeddah-Banda Aceh-Solo.

Ia menyebutkan total pengguna jasa maskapai milik pemerintah tersebut hingga November 2017 sebanyak 252.456 penumpang yang terdiri dari penumpang yang berangkat dari Aceh sebanyak 128.659 orang dan yang datang ke Aceh 123.797 orang.

Sementara pada tahun 2016 jumlah penunmpang yang menggunakan maskapai tersebut sebanyak 245.536 orang yang terdiri dari yang berangkat dari Aceh 123.314 orang dan yang datang ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu 122.222 orang.

Ia menambahkan salah satu upaya meningkatkan jumlah masyarakat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu menggunakan Garuda sebagai transportasi udara adalah menyelenggarakan event Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) yang diadakan pada bulan Maret 2017.

Dalam event tersebut Garuda Indonesia menyediakan diskon ke seluruh Indonesia baik domestik maupun internasional, kata Sugiyono yang turut didampingi Sales dan Marketing Manager PT Garuda Indonesia Cabang Banda Aceh, Akbar Kusumanegara.


Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018