Singkil (Antaranews Aceh) - Lima kelompok tani di Kabupaten Aceh Singkil yang gagal panen akibat banjir menerima bantuan dari Dinas Pangan Provinsi Aceh, berupa bahan kebutuhan pokok.

Proses pendistribusian bantuan pangan berupa beras, gula, telur dan bahan pokok lainnya itu bekerja sama dengan TNI Babinsa Koramil 04 Simpang Kanan, Kodim 0109 Singkil.

"Acara penyerahan bantuan pangan kepada lima kelompok tani dari Dinas Pangan Provinsi Aceh berlangsung di tiga desa di Kecamatan Simpang Kanan yakni, Desa Lae Riman, Cibubukan dan Desa Ujung Limus," kata Dandim 0109 Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyawan SH kepada wartawan di Singkil, Rabu.

Lima kelompok tani tersebut adalah Kelompok Tani Ingin Damai, Indah Damai, Sejati, Cahaya Maju dan Kelompok Tani Ingin Maju sebagai upaya untuk meringankan beban warga karena banyak hasil pertanian yang gagal panen, serta tanaman yang baru di tanam mati, bahkan ternak warga pun banyak yang terbawa air akibat dampak banjir.

Dikatakan, musibah banjir yang melanda sebagian daerah Kecamatan Simpang Kanan akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi dan meluapnya Sungai Cinendang menyebabkan sebagian wilayah yang berada di dataran rendah yang berada di pinggir DAS Cinendang terendam.

Walaupun air sudah surut dan tidak lagi menggenangi pemukiman warga, akan tetapi Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Aceh tetap memberikan perhatian guna mengurangi beban warga dan sekaligus peduli terhadap para korban banjir terutama bagi warga yang tergabung dalam kelompok tani.

"Penyerahan bantuan itu dilaksanakan pada Selasa (16/1) yang terbagi pada tiga desa tersebut," ujarnya.

Dalam pemberian bantuan berupa beras, gula dan telur ini para Babinsa Koramil Simpang Kanan diterjunkan langsung ke tiap-tiap desa untuk mendistribusikan bantuan bagi warga yang berhak menerimanya.

Penyaluran bantuan kepada warga ini langsung di bagi dan diawasi oleh para Babinsa serta perangkat desa terkait dengan tujuan agar penyalurannya berjalan dengan tertib dan terkendali serta untuk menghindari adanya ketimpangan dalam pembagian.

Koramil 04 Simpang Kanan selalu turut andil dan aktif dalam berbagai macam kegiatan yang diadakan di wilayahnya.

Pewarta: Khairuman

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018