Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyatakan Kecamatan Bintang cocok ditanami kentang untuk meningkatkan pendapatan petani di daerah ini pada masa mendatang.

"Kualitas kentang yang dipanen hasilnya sangat baik dan buahnya lebih besar dari biasanya," kata Shabela di Kampung/Desa Genuren di sela-sela panen perdana di Takengon, Rabu.

Ia menjelaskan lahan di Kecamatan Bintang sangat cocok ditanami kentang, di mana kentang yang dihasilkan terlihat sehat dan bentuk yang lebih besar dari biasanya.

Shabela mengatakan kualitas kentang tersebut tidak terlepas dari hasil panen perdana yang dilakukan langsung dirinya bersama petani dan rombongan yang berkunjung langsung ke lokasi.

"Hasil panen perdana menunjukkan kecamatan Bintang cocok untuk ditanami kentang," katanya.

Ia mengatakan dengan potensi dan hasil panen perdana yang dilakukan tersebut, dirinya berkomitmen untuk mengembangkan komoditas tersebut untuk lebih besar di Kecamatan Bintang.

"Kita bertekad untuk mengembangkan kentang di Kecamatan Bintang yang nantinya dapat membantu meningkatkan pendapatan petani melalui hasil yang dipanen masyarakat setempat," katanya.

Ia juga berharap tanaman kentang dapat menjadi tanaman alternatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah penghasil kopi arabica terbaik dan memiliki cita rasa yang khas.

Kepala Dinas Pertanian Aceh Tengah, Rahmandi mengatakan bibit kentang yang di uji coba oleh masyarakat menggunakan G-2 yang berasal dari Pengalengan Jawa Barat.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018