Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himmaptika) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry Banda Aceh menggelar bakti sosial di pulau terdepan Indonesia.

Ketua Panitia Bakti Sosial Himmaptika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry Ali Rahmidi di Banda Aceh, Kamis, mengatakan, bakti sosial dilaksanakan di Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

"Bakti sosial berlangsung 25 hingga 28 Januari. Kegiatan ini mengusung tema langkah kecil dari Himmaptika untuk negeri. Kegiatan diikuti puluhan mahasiswa," kata Ali Rahmidi.

Ali Rahmidi menyebutkan, bakti sosial diisi dengan pelatihan dan pengadaan alat peraga bidang studi matematika. Pelatihan dilaksanakan di SD dan SMP Rinon, Kemukiman Pulo Breuh Utara, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Ia menyebutkan, bakti sosial tersebut diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa dalam meningkatkan pendidikan yang berkualitas, terutama di daerah pelosok, seperti Pulau Aceh.

"Kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk memberikan semangat belajar bagi peserta anak-anak di pulau terdepan. Selain itu, untuk meningkatkan dan memudahkan pemahaman mereka tentang matematika," kata Ali.

Menurut Ali Rahmidi, selama ini matematika masih dianggap sebagai bidang studi yang menakutkan, sehingga banyak dari peserta didik yang tidak menyukainya.

Padahal matematika itu jika disajikan dengan menggunakan alat peraga akan sangat menyenangkan dan konsepnya pun tidak sulit. Adapun alat peraga tersebut di antaranya timbangan berpaku, kantong nilai tempat, sempoa, batang dan menara hanoi

"Tak hanya untuk pelajar, para guru juga akan dilibatkan dalam pelatihan ini. Nantinya, mahasiswa yang akan menjelaskan dan mereka akan langsung mempraktekkannya," ungkap Ali.

Ketua Program Studi Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar Raniry M Duskri memberikan apresiasi dan menyambut baik pelaksanaan bakti sosial tersebut. Kegiatan itu memberi manfaat bagi mahasiswa yang nantinya menyatu dengan masyarakat.

"Diharapkan kegiatan ini melahirkan kepekaan mahasiswa terhadap pendidikan di pulau terdepan, sekaligus mengasah kemampuan mereka dalam menggunakan berbagai media atau alat peraga matematika," kata M Duskri.

Pulau Aceh berada di ujung barat Pulau Sumatra. Bersisian dengan Pulau Weh, Sabang. Pulau Aceh terdiri dari dua pulau besar dan berpenduduk, yakni Pulau Breueh (Beras) dan Pulau Nasi. Jarak tempuh sekitar dua hingga tiga jam dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018