Langsa (Antaranews Aceh) - Masyarakat diharapkan untuk ikut memantau proses rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS) sebagai bagian penyelenggara pemilu legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019, yang sedang dilakukan Komisi Independen Pemilihan (KIP)Kota Langsa, Provinsi Aceh.

Ketua KIP Kota Langsa, Agusni AH, Sabtu mengatakan, pihaknya sangat berharap partisipasi masyarakat untuk memberikan masukan berupa tanggapan publik terkait proses rektutmen PPS yang sedang berlangsung.

"Kita berharap masyarakat aktif memantau proses rekrutmen PPS sehingga menghasilkan petugas penyelenggara yang berintegritas dan tidak rangkap jabatan," ujarnya.

Menurutnya, KIP Kota Langsa saat ini sedang melakukan seleksi administrasi terhadap 1.147 orang pendaftar calon anggota PPS untuk 66 desa dari lima kecamatan dalam wilayah Kota Langsa.

Karenanya, lanjut dia, keterlibatan masyarakat dalam memberikan masukan melalui tanggapan publik terhadap proses rekrutmen tersebut sangat menentukan suksesnya proses rekrutmen sehingga menghasilkan penyelenggara berkualitas, berintegritas sekaligus menyukseskan hajatan pesta demokrasi lima tahunan di daerah itu.

Dikatakan, pada pemilu terdahulu terdapat perangkat desa yang terlibat sebagai penyelenggara pemilu. Kebanyakan pada petugas PPS maupun KPPS. Akan tetapi, pemilu 2019, terdapat larangan rangkap jabatan bagi aparatur desa tersebut.

Larangan tersebut, kata Agusni, merujuk Pasal 51 Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang desa. Dimana terdapat 12 larangan bagi perangkat desa. Salah satunya, rangkap jabatan dan tidak terlibat dalam proses kepemiluan.

Selain itu, tambah Agusni, terdapat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 83 tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

Dimana, salah satunya menyebutkan pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa dikarenakan yang bersangkutan melakukan rangkap jabatan.

"Aturannya sudah jelas. Untuk itu kita berharap masyarakat mengawasi proses seleksi PPS dan dapat menyampaikan pada KIP bila terdapat perangkat desa yang mendaftar," urai Agusni AH.

Pewarta: Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018