Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Aceh mengimbau masyarakat untuk mewaspadai debu vulkanik dari letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara yang dampaknya telah sampai ke sejumlah wilayah di provinsi setempat.

"Untuk sementara kami imbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan apabila ke luar rumah diharapkan untuk memakai masker," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya terkait dampak debu vulkanik letusan Gunung Sinabung Sumatera Utara yang telah melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Baca juga: Debu Sinabung menyebar hingga Aceh

Ia menjelaskan terkait kondisi tersebut seluruh fasiltias kesehatan di kabupaten/kota di Aceh untuk siap siaga 24 jam guna menangani berbagai kemungkinan akibat terdampak debu vulkanik.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Mulyadi Nurdin mengatakan Pemerintah Aceh juga mengimbau seluruh pihak untuk memantau perkembangan terkini terkait penyebaran debu vulkanik gunung Sinabung.

Baca juga: Abu vulkanik tutupi langit di Aceh

"Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta semua instansi terkait agar terus memantau perkembangan di lapangan, Pemerintah Kabupaten/ Kota juga diminta untuk pro aktif memantau, melakukan langkah antisipasi, penanganan, dan berkoordinasi dengan pihak terkait jika terjadi hal-hal yang membahayakan warga," katanya.

Ia mengatakan Gubernur Irwandi Yusuf juga berharap Badan Penanggulangan Bencana Aceh untuk siap siaga mengambil langkah-langkah yang diperlukan terhadap dampak debu vulkanik tersebut.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018