Lhoksukon (Antaranews Aceh) - Personil Polsek Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, melakukan patroli ke wilayah pedalaman di daerah itu untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (guankamtibmas).

Kapolres Aceh Utara AKBP Ahmad Untung Surianata melalui Kapolsek Langkahan Ipda Samsul Bahri SH dihubungi di Lhoksukon Selasa mengatakan, patroli ke desa-desa pedalaman ini, merupakan salah satu program profesional modern terpercaya (Prometer) Kapolri, yang dilakukan pihaknya.

"Patroli yang kita lakukan ke Gampong (desa) Lubok Pusaka seperti hari ini, adalah program prometer Kapolri, dalam memberikan pelayanan dan upaya dini mencegah terjadinya tindak kejahatan yang ada di wilayah hukum Polsek Langkahan," sebut Samsul Bahri.

Dikatakan, peningkatan patroli ke wilayah Gampong Lubok Pusaka dimaksud, karena selama ini pihaknya menilai bahwa di daerah tersebut rawan terjadi permasalahan antar warga, di antaranya terkait permasalahan tanah, pencurian sawit dan ilegal logging.

Di lain sisi, sebut Samsul Bahri, kegiatan tersebut juga merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat, serta menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif.

"Saat kami melakukan patroli, masyarakat mengucapkan terimakasih serta senang dan mengharapkan agar kami selalu melaksanakan patroli ataupun sambang desa ke tempat mereka," kata Samsul Bahri.

Seorang tokoh agama di desa tersebut, Tengku Muslim Yusuf menyebutkan, bahwa silaturahmi sekaligus patroli yang dilakukan Kapolsek Langkahan dan anggotanya itu sebagai bentuk peran aktif pihak kepolisian setempat.

Keuchik (kepala desa) Lubok Pusaka Jaharuddin dihubungi terpisah membenarkan bahwa Kapolsek Langkahan dan anggotanya telah melakukan patroli sekaligus silaturahmi dengan para masyarakat yang ada di sana.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pak Kapolsek dan anggotanya yang telah berkunjung ke desa kami. Saya pikir ini sangat memiliki nilai positif, karana para masyarakat dapat bisa langsung sharing mengenai permasalahan yang ada," demikian Jaharuddin.

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018