Meulaboh (Antaranews Aceh) - Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh H Ramli, MS meminta kepada aparatur sipil negara (ASN) maupun pekerja Pemadam kebakaran (Damkar) untuk lebih proaktif menyikapi berbagai potensi pencegahan kebakaran di daerah setempat.

"Damkar bukan hanya sekedar penjaga kota yang pasif, melainkan harus proaktif menggerakkan dan mengorganisasi masyarakat, serta berkoordinasi dengan elemen masyarakat," katanya disela-sela upacara HUT ke-99 Damkar di Meulaboh, Senin.

Ramli memintakan, Damkar mampu mengorganisasi masyarakat di tingkat kecamatan dan kabupaten, damkar berperan dalam melakukan upaya pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan dari berbagai bahaya kebakaran.

Apalagi di tingkat provinsi, Damkar berperan dalam memetakan daerah rawan kebekaran dan memberikan pendampingan kepada kabupaten terkait masalah kebakaran dan memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya terlibat dalam pencegahan.

Ramli berkata, Damkar harus meningkatkan profesionalitas dan mengedepankan upaya-upaya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat, baik dalam bencana kebakaran maupun bencana lainnya yang rentan melanda daerah.

"Tingkatkan profesionalitas dan ke depankan upaya-upaya dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Ini merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat luas," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada momentum upacara HUT Pemadam Kebakaran tahun 2018 yang dipadukan dengan apel hari kesadaran nasional itu, diharapkan menjadi penyemangat bagi semua eleman untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Sebagai aparatur sipil negara (ASN), khususnya dilingkup Pemerintah Aceh Barat, ditekankan harus melaksanakan tugas, fungsi dan peran sesuai dengan peraturan, dengan penuh tanggungjawab untuk mengabdi dan memberikan pelayanan terbaik.

Sebut Ramli, terkait dengan program kerja tahun 2018 yang telah ditetapkan, diharapkan kepada Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) dapat melaksanakan program-program tersebut sesuai aturan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Momentum ini peringatan hari ini hendaknya menjadi penyemangat baru bagi kita semua untuk menghasilkan etos kerja yang lebih baik sebagai upaya pemberian pelayanan yang prima kepada lapisan masyarakat," demikian Ramli, MS.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018