Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Provinsi Aceh, akan melakukan seleksi perdana penerimaan prajurit TNI AL kepada 258 calon Taruna dan Bintara di Mako Lanal setempat.

Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Sjamsul Rizal di Lhokseumawe, Jumat mengatakan, tujuan dibukanya penerimaan ini untuk merekrut putra putri terbaik Aceh sebagai pemimpin masa depan ditubuh TNI AL dalam membela dan mempertahankan dan mengamankan NKRI.

Dan Lanal Sjamsul Rizal, mengharapkan kepada para pemuda yang telah mendaftar sebagai calon Taruna dan Bintara TNI AL, untuk dapat mengikuti seleksi dengan baik dan penuh semangat serta mentaati petunjuk dari para tim seleksi dengan baik juga.

Bahkan, Dan Lanal juga menawarkan kepada pendaftar calon prajurit tersebut bahwa dapat mempergunakan areal dan fasilitas yang ada Mako Lanal sebagai sarana berlatih Samapta.

"Silahkan bagi yang ingin berlatih kesamaptaan dalam rangka mempersiapkan serangkaian tes fisik, dapat mempergunakan areal dan juga fasilitas kesamaptaan di Mako Lanal ini untuk berlatih," jelas Dan Lanal Lhokseumawe.

Sementara itu, jumlah keseluruhan pendaftar calon prajurit TNI AL yang mendaftar di Mako Lanal Lhokseumawe, hingga sampai masa penutupan adalah sebanyak 258 orang, dengan rincian taruna (pria) 32 orang, putri 16 orang, sedangkan bintara pria 172 orang dan wanita 39 orang.

Materi tes yang akan dilalui oleh peserta nantinya adalah pemeriksaan kesehatan umum, rontgen dan laborat darah (HBSAG, VDRL, HCV, HIV), urin.

Selanjutnya, pemeriksaan psikologi, mental ideologi, uji kesamaptaan asmani, pemeriksaan administrasi dan terakhir Pantukhir Daerah.

Untuk seleksi tingkat pusat antara lain, pemeriksaan kesehatan umum dan jiwa, uji kesamaptaan jasmani, pemeriksaan administrasi dan Pantukhir Pusat.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018