Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, Muhammad Daud Pakeh mengatakan, 223 orang peserta se-Aceh mengikuti ujian seleksi tertulis calon petugas haji.

"Secara keseluruhan pelaksanaan ujian tes tertulis calon petugas haji tahap pertama berjalan lancar, dan diikuti 223 peserta di seluruh Aceh," ucapnya usai meninjau pelaksanaan ujian di Asrama Haji Banda Aceh, Kamis.

Pihaknya mengklaim, selalu menjaring petugas haji baik untuk formasi Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Ia mengaku, ke-223 peserta se-Aceh mengikuti ujian tertulis calon petugas haji untuk formasi TPHI diikuti 88 orang, TPIHI 64 orang dan PPIH Arab Saudi 71 orang.

Tahun ini, lanjutnya, Kemenag Aceh mendapat jatah 27 orang petugas haji. Terdiri dari 11 petugas kelompok terbang (kloter) TPHI, 11 petugas PPIHI, dan lima petugas non-kloter PPIH Arab Saudi.

"Laporan panitia kita di daerah, karena ujian tulis ini dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota. Ada beberapa peserta yang absen, tidak mengikuti ujian. Jadi bagi mereka yang tidak hadir itu, dianggap gugur. Sedangkan di provinsi, ada 59 peserta dari berbagai unsur," kata dia.

Pengumuman kelulusan bagi mereka dinyatakan lulus tahap pertama ini, lanjutnya, akan diumumkan pada Senin, (9/4), lewat situs https://aceh.kemenag.go.id.

Ke-113 orang peserta yang nantinya dinyatakan lulus tersebut, harus mempersiapkan diri demi mengikuti tahapan berikutnya, yakni tes wawancara dan ujian praktek lapangan.

"Ujian tahap kedua nanti, selain ujian tulis. Juga ada wawancara, dan praktek. Utuk ujian tulis menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test)," jelas Daud.

Ketua Panitia Rekruitmen Petugas Haji Kankemenag Gayo Lues, Hasbullah melaporkan, jumlah peserta ujian yang telah memenuhi syarat administrasi sebanyak tiga orang.

Dia melanjutkan, Afwan Zamri (staf Penyelenggara haji dan umrah) untuk formasi TPHI, Ridha (Kepala KUA Kecamatan Blangjerango) formasi PPIH Arab Saudi, dan Taufiq (staf Penyelenggara Syari?ah) formasi PPIH Arab Saudi.

"Jika mereka lulus seleksi tahap awal ini di Kankemenag Gayo Lues, maka akan mengikuti seleksi tahap berikutnya di Asrama Haji Banda Aceh," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018