Sabang (Antaranews Aceh) - Anggota TNI membersihkan lokasi wisata di sepanjang Pantai Kasih Gampong (desa) Kota Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang dan mengangkut 10 truk sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Dandim 0112 Sabang Letkol Czi Kholid Firdaus melalui Kasdim Mayor Inf Yudha Setiawan di Pantai Kasih, Jumat menyatakan, geberek sampah salah satu program Karya Bhakti TNI sebagai wujud peduli terhadap lingkungan sekitar.

"Pembersihan pantai ini dalam rangka Karya Bhakti TNI peduli terhadap lingkungan dan tadi tidak kurang dari 10 truk sampah diangkut dan dibuang ke TPA Cot Abeuk, Sabang," katanya.

Dia mengakui, pembersihan sampah di objek wisata kepulauan terluar paling ujung barat Indonesia tersebut merupakan kerja nyata dari Pembinaan Teritorial (Binter) TNI AD.

"Tujuannya membangun solidaritas sesama prajurit TNI yang bertugas di Sabang, pemerintah daerah (Pemda) dan komponen masyarakat lainnya demi menjaga lingkungan sekitar bebas dari segala jenis sampah," sambungnya.

Kodim 0112 Kota Sabang juga berharap, aksi nyata pembersihan pantai tersebut dapat membangun kebersamaan, kesadaran agar mampu meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Sekarang pemerintah terus menggalakkan industri pariwisata artinya semua pihak berkewajiban menjaga kebersihan, dan yang terpenting lagi adalah tidak membuang sampah disembarang tempat," ujarnya.

Lebih lanjut katanya, Karya Bhakti TNI sebagai motivator dalam menggerakkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan demi terciptanya lingkungan yang bersih, sejuk dan indah.

"Jika lingkungan sekitar bersih dari segala jenis sampah pasti enak dipandang mata dan wisatawan yang melancong akan memperoleh kenyamanan," tuturnya.

Usai membersihkan pantai kasi tersebut Kodim 0112 Kota Sabang yang diwakili Mayor Inf Yudha Setiawan menyerahkan sebanyak lima unit tempat sampah kepada tokoh masyarakat setempat.

Pembersihan sampah tersebut turut melibatkan, TNI AU Lanud Maimun Saleh Sabang, TNI AL Lanudal Sabang, Polres Sabang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Sabang, Forum Teurawah serta unsur masyarakat setempat.

Salah seorang warga setempat Anwar mengapresisasi inisatif TNI membersihkan berbagai sampah di Pantai Kasih, Gampong Kuta Ateuh, Sukakarya, Sabang, Provinsi Aceh.

"Sampah non organik sangat merusak keindahan pantai, kita bersyukur TNI berinisiatif membersihkan pantai kasih dan lhamdulillah sekarang sudah terlihat indah," akui warga tadi.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018