Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Warga Gampong Kuta Baru, Kota Banda Aceh, menggelar kegiatan gotong royong dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan sekitar tiga pekan lagi di tahun ini.

"Semua (warga), kita minta berperan aktif bergotong royong di gampong (desa) yang saya pimpin," ujar Kepala Gampong Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, H.Eddy Erwinsyah ST di Banda Aceh, Ahad.

Masyarakat gampong yang tinggal di lima dusun itu, ia mengakui, telah membersihkan terutama sampah hingga parit yang menggangu saluran pembuangan, demi terciptanya suasana kebersihan.

Kegiatan melibatkan warga setempat, masih dilakukan pihaknya secara rutin tiga bulan sekali, selain dalam rangka memperingati hari ulang tahun Banda Aceh ke-813 yang jatuh setiap 22 April.

Pemerintah Kota Banda Aceh telah memiliki agenda demi memperingati hari jadi berdirinya kota berjuluk "Serambi Mekkah" tahun 1205, yakni salah satu kegiatan kebersihan gampong di sembilan kecamatan.

"Kita juga berkoordinasi dengan Dinas Kebersihan setempat, supaya sampah yang kita hasilkan bisa terangkut. Selain tidak koordinasi, dan armada kebersihan itu terbatas," ucapnya.
 
 (Antara Aceh/Warga Kota Baru)


"Pagi tadi kita lakukan selama tiga jam, mulai pukul 7.00 WIB hingga selesai. Sedangkan untuk konsumsi warga, kita lakukan secara swadaya," terang Eddy.

Fitri, warga Gampong Lingke di Banda Aceh, mengaku, kegiatan rutin membersihkan gampong yang dilakukan masyarakat setempat telah dilakukan di pekan sebelumnya.

"Bila di tempat saya tinggal, itu (gotong royong) telah dilakukan dalam memperingati hari lahir Banda Aceh dan sambut bulan puasa," katanya.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pekan ini, telah menggelar zikir akbar sebagi puncak hari jadi negeri "Serambi Mekkah" di Lapangan Blang Padang, Jumat, (20/4) malam.

"Salah satu cita-cita saya bersama Pak Zainal (Wakil Wali Kota) adalah untuk mewujudkan Banda Aceh sebagai Kota Zikir," ucap Aminullah.

"Semoga di usia ke-813 tahun, kota ini semakin dicintai oleh warganya. Semua kita mempunyai tekad perubahan ke arah yang lebih baik," terangnya.
Kegiatan gotong royong dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan (Antara Aceh/Warga Kota Baru)

Pewarta: Muhammad Said

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018