Redelong (Antaranews Aceh) - Wakil Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi menyatakan pemerintahan kampung di daerahnya didorong untuk mulai menerapkan sistem teknologi informasi guna mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efesien.

"Sudah saatnya bagi seluruh instansi pemerintah tak terkecuali pemerintahan kampung untuk menggunakan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta mempromosikan potensi kampung," kata Tgk Sarkawi pada acara sosialisasi teknologi informasi di Redelong, Kamis.

Perusahaan penyedia produk Sistem Aplikasi Administrasi Desa (SiAdes) yakni CV Arsandi mulai menawarkan aplikasi yang bisa digunakan oleh setiap pemerintahan desa diantaranya Sistem Informasi Monografi dan Profil Desa (SIMONDES).

Untuk itu, pihak CV Arsandi baru-baru ini secara langsung memberikan pemahaman kepada unsur pemerintahan desa di Kabupaten Bener Meriah.

Pihak CV Arsandi pada kesempatan itu menjelaskan bahwa aplikasi yang ditawarkan mampu menerapkan penyajian data administrasi pemerintahan desa secara menyeluruh, terpadu, dan akurat untuk dapat dipertanggungjawabkan.

Sarkawi turut mendorong pihak pemerintahan kampung di daerah itu untuk mulai mengikuti perkembangan era teknologi saat ini khususnya dalam tatacara penyajian informasi di masing-masing kampung dengan berbasis aplikasi.

Sarkawi berharap dengan penggunaan teknologi informasi saat ini maka setiap kampung nantinya akan dapat menyajikan segala informasi yang dibutuhkan publik dengan cepat, tepat, efektif, dan efesien.

"Misalnya informasi keberadaan objek wisata atau potensi lainnya di setiap kampung. Bila nanti ada pihak yang punya keinginan untuk berinvestasi maka secara mudah bisa memperoleh informasi," ujar Sarkawi.

Pada kesempatan itu, Sarkawi turut menekankan kepada para aparatur desa agar selalu cermat dan berhati-hati dalam pengelolaan dana desa.

"Kelolalah dana desa itu sesuai aturan dan pertanggungjawabkan secara transparan dan akuntabel sesuai ketentuan," tutur Sarkawi.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018