Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Petugas Terminal Bus Tipe A Lhokseumawe, Provinsi Aceh, melakukan pemeriksaan terhadap angkutan penumpang dan memberikan label angkutan layak lebaran jika memenuhi syarat.

Kegiatan pemeriksaan kendaraan angkutan penumpang tersebut dilakukan oleh sejumlah petugas Terminal Tipe A Kota Lhokseumawe yang berada dibawah Kementrian Perhubungan Dirjen Hubungan Darat, Kamis.

Sejumlah kendaraan angkutan penumpang yang beroperasi dan masuk terminal diperiksa oleh petugas terkait dengan administrasi, teknis dan sarana pendukung kendaraan.

Untuk administrasi kendaraan, petugas melakukan pemeriksaan terhadap surat-surat kendaraan seperti, SIM, STNK, buku uji, dan kartu pengawas.

Untuk teknis, petugas juga ikut memeriksa lampu kendaraan, yakni lampu utama, lampu sen, dan juga lampu mundur. Kemudian kondisi ban dan juga kaca spion serta jumlah tempat duduk sesuai dengan peruntukannya.

Juga diperiksa perlengkapan tambahan seperti segi tiga pengaman, ban cadangan, dongkrak, kunci pelak roda dan senter serta peralatan tanggap darurat.

"Sejumlah persyaratan tersebut harus dimiliki oleh kendaraan angkutan penumpang, sehingga layak untuk melayani angkutan penumpang apalagi untuk angkutan lebaran mendatang," ungkap Koordinator Terminal Tipe A Lhokseumawe, Siti Nurhasyimah.

Siti mengatakan, angkutan lebaran harus benar-benar layak dan teruji, sehingga penumpang dapat merasa puas dan juga merasa nyaman.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pemeriksaan kendaraan sebagaimana aturan yang berlaku.

Sebutnya, dasar kegiatan pemeriksaan kendaraan angkutan penumpang tersebut adalah Surat Kemenhub Dirjen Darat No: AJ.403/1/2/DRJD/2017 tentang Pelaksanaan Inspeksi (Ramp Chek) Keselamatan Lalulintas Bidang Angkutan Umum.

Pada kesempatan itu, Siti Nurhasyimah juga mengharapkan kepada calon penumpang agar mengutamakan menaiki kendaraan yang sudah terpasang stiker, karena sudah dilakukan uji kelayakan kendaraan, harapnya.

Sebagaimana terlihat, terhadap kendaraan yang memenuhi persyaratan dan layak, petugas memberikan stiker label "Inspeksi Angkutan Lebaran Tahun 2018" yang ditempelkan pada sudut kaca depan kendaraan.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018