Idi (Antaranews Aceh) - Madrasah Aliyah Negeri-Insan Cendikia (MAN-IC) Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur melaksanakan program Al Quran Ramadhan Camp (ARC) dengan harapan para pelajar mampu menghafal Kitab Suci itu 3 hingga 5 juz.

"Kita berharap selama ARC ini berlangsung anak-anak mampu menghafal Al Quran antara 3 hingga 5 juz," kata Kepala MAN-IC Aceh Timur, Shulfan, S.Ag, M.Sc di sela-sela mengawasi pelaksanaan program ARC di Desa Kuta Lawah, Kecamatan Idi Rayeuk, Jumat.

Selama ini, program Tahfizul Quran, kata Zhulfan, juga tergolong salah satu program ekstrakurikuler di MAN-IC. Para pelajar disana selama ini dibimbing guru-guru mereka dengan target hafalan selama tiga tahun disana sebanyak 3 juz.

"Tapi karena kita melihat mereka sangat yakin dalam menghafal, maka dalam suasana Ramadhan ini kita fokuskan materi tahfizul, sehingga hafalan mereka yang selama ini 2-3 juz sekarang terus bertambah dan target kita anak-anak kelas I dan II ini mampu menambah hafalan menjadi 3-5 juz," kata Zhulfan.

Untuk menjalankan program tersebut di bulan Ramadhan, para pelajar di MAN-IC dibimbing delapan guru yang sudah berpengalaman di bidang tahfizul Quran ditambah lima pembimbing dari Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT).

Salah seorang pelajar yang sedang menghafal Al Quran disana mengaku senang mendapat program ARC di MAN-IC, karena hafalannya terus bertambah.

"Lulus MI dulu saya hafal 1 juz dan tamat MTs sudah 4 juz. Muda-mudahan selesai dari MAN-IC bisa hafal 7 hingga 10 juz," kata Atikah, pelajar asal Aceh Utara.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018