Sabang (Antaranews Aceh) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir di Provinsi Aceh.

"Waspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Aceh Besar dan sekitarnya," kata Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang, Siswanto, Selasa.

Sistem peringatan awal atau "early warning sistem" (EWS) Aceh merilis hujan sedang-lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang di wilayah Aceh Besar berpotensi meluas ke wilayah Kota Sabang, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan sekitarnya diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.50 WIB.

BMKG juga memprakirakan angin di atas perairan Sumatera bagian utara bergerak dari timur hingga barat daya dan di perairan Banda Aceh-Sabang arah angin bergerak dari selatan hingga barat daya, kecepatan angin 2-15 knot dan gelombang laut berkisar dari 0,5 hingga 2,5 meter.

Menurut dia, bencana bisa muncul tanpa melihat objek atau mengenal siapapun. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat yang berada di kawasan bencana mampu mengenali lingkungan sebagai upaya deteksi dini.

BMKG juga mengingatkan masyarakat selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

? "Berkenaan dengan prakiraan cuaca tersebut perlu diwaspadai potensi timbulnya dampak dari curah hujan yang secara terus menerus mengguyur wilayah Sabang dan sekitarnya," kata dia.

Stasiun BMKG Kota Sabang sebagai salah satu institusi pemerintah yang memiliki tanggung jawab dalam pengamatan unsur cuaca akan selalu berusaha memberikan layanan informasi kepada masyarakat luas.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018