Meulaboh (Antaranews Aceh) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Feri melayani kembali pelayaran di trayek Sinabang-Meulaboh,Provinsi Aceh, karena cuaca sudah mulai kondusif.

Kepala PT ASDP Indonesia Feri perwakilan Meulaboh, Desrizal Marbeth, di Meulaboh, Jumat, mengatakan, Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Teluk Sinabang dan KMP Labuhanhaji, sudah beroperasi pascaterhenti akibat faktor cuaca ekstrem.

"Alhamdulillah sejak kemarin (Kamis) kapal sudah mulai diberangkatkan kembali dari Sinabang tujuan Meulaboh dan tiba tepat waktu dengan selamat. Siang tadi (Jumat) KMP Teluk Sinabang sudah diberangkatkan kembali dengan tujuan Sinabang," katanya.

Desrizal menyampaikan, KMP Teluk Sinabang tiba di dermaga Pelabuhan Meulaboh Jumat pukul 07.00 WIB dengan membawa sebanyak 311 orang penumpang jiwa, 94 unit kendaraan golongan dua (roda dua) dan 32 unit kendaraan pribadi roda empat.

Kemudian pukul 11.45 WIB, KMP Teluk Sinabang diberangkatkan kembali dari Meulaboh tujuan Sinabang dengan membawa 176 penumpang jiwa, serta kendaraan campuran golongan roda dua dan roda enam sebanyak 29 unit.

Diakui, pada keberangkatan kapal dari Meulaboh tujuan Sinabang ada beberapa kendaraan truk yang tidak bisa terangkut karena muatan kapal sudah maksimal untuk arus angkutan balik Idul Fitri tahun 2018 itu.?

Meski cuaca saat diprakirakan sudah kondusif, namun tetap saja masih ada sedikit kendala saat feri sandar di pelabuhan Meulaboh yang berada di kawasan pesisir Desa Tengoh, Kecamatan Samatiga, atau berjarak sekitar 12 km dari Kota Meulaboh.

"Keberangkatan kapal dipercepat dari pukul 14.00 WIB karena kondisi alun besar di ujung dermaga dan menghindari benturan keras. Karena ada beberapa tali tambatan kapal (tali tros kapal) sudah terputus, kapal tidak bisa bertahan lama," jelasnya.

Pelayanan jasa penyeberangan selama arus balik Idul Fitri tahun 2018, sedikit terganggu saat operasional pertama pascalebaran, pasalnya kedua kapal dari daratan tujuan Sinabang dihadang cuaca buruk.

Beberapa kali keberangkatan kapal sempat ditunda, baik dari Meulaboh tujuan Sinabang dan sebaliknya, dari Singkil ke Sinabang dan sebaliknya, serta dari Pelabuhan Labuhanhaji ke Sinabang. terkait.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018