Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Kelompok petani keramba ikan kerapu binaan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Provinsi Aceh, melakukan panen raya, Kamis.

Kegiatan panen raya tersebut di lokasi budidaya keramba "Kelompok Tani Ikan Kerapu Krueng Luah" di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Cunda, Kota
Lhokseumawe, yang dilakukan secara simbolis oleh Danlanal Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal, bersama dengan dinas terkait.

Panen ikan komoditi ekspor yang bertemakan "Melalui ketahanan pangan maritim kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI – Rakyat" dilakukan secara serentak di wilayah Komando Armada I.

Danlanal M Sjamsul Rizal mengatakan, kegiatan panen raya tersebut bagian dari pembinaan Lanal Lhokseumawe dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan maritim dan juga peningkatan ekonomi masyarakat wilayah pesisir.

Dikatakan, kegiatan panen raya ikan tersebut dilakukan secara serentak di wilayah Koarmada I, sedangkan pusat panen raya ikan di Pulau Batam yang dilakukan langsung oleh Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Danlanal menyatakan, usaha maritim memiliki peran penting dalam upaya pencapaian ketahanan pangan khususnya yang bersumber dari laut.
Hal itu selaras dengan kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan kemaritiman menjadikan bidang kelautan sebagai tujuan utama pembangunan nasional.

"Sebagai pilar utama dalam menjaga kedaulatan negara di laut, TNI AL beserta instansi maritim lainnya bekerjasama dalam membina masyarakat pesisir dan berupaya untuk meningkatkan perekonomian melalui ketahanan pangan maritim. Kegiatan panen raya ikan ini juga merupakan wujud sinergitas TNI AL dengan masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Ikan Kerapu Krueng Luah, Imran berterima kasih dengan adanya perhatian dan pembinaan dari pihak Lanal Lhokseumawe.
Ia mengharapkan, ke depan pembinaan dari Lanal Lhokseumawe dapat terus berlanjut dalam upaya meningkatkan produktivitas usaha budidaya ikan di aliran Krueng Cunda.
 

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018