Sabang (Antaranews Aceh) - Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat bersama sejumlah pengusaha dari Andaman dan Kepulauan Nicobar berkunjung ke Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Setiba di Pelabuhan Balohan, Sabang, Provinsi Aceh, Rabu, Dubes India untuk Indonesia tersebut disambut Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus, Sekda Kota Sabang Zakaria, serta unsur Forkopimda se-Kota Sabang.

Dubes India bersama delegasi pengusaha dari Andaman dan Kepulauan Nicobar tersebut juga disambut dengan pengalungan bunga dan dipeusijuek (ditepungtawari) yang dipimpin oleh Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kota Sabang Ramli Yus atau sering disapa Ayah Ramli.

"Kunjungan Duta Besar India untuk Indonesia tersebut dalam rangka peningkatan kerja sama di berbagai bidang ekonomi dan pariwisata," kata Sekda Kota Sabang Zakaria.

Secara geografis Kota Sabang, Provinsi Aceh, memiliki luas 12.213,96 hektare, terdiri atas lima pulau, yakni Pulau Weh, Klah, Rubiah, Seulako dan Pulau Rondo. Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka, selatan berbatasan Laut Andaman, timur dengan Selat Malaka dan barat berbatasan dengan Laut Andaman.

"Melalui kunjungan Dubes India bersama delegasinya tersebut kami berharap dapat terjalin hubungan yang nyata dan apa yang telah disepakati nanti bisa terealisasi demi peningkatan perekonomian masyarakat Kota Sabang dan Aceh secara umum," ujarnya.

Dubes India untuk Indonesia Pradeep menyatakan, kunjungan yang kedua kali ke Kota Sabang merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada acara Shared Vision of India-Indonesia Maritime Cooperation in the Indo-Pacific yang memiliki visi yang sama di bidang maritim.?

Pada kesempatan itu, para pengusaha dari Andaman dan Kepulauan Nicobar (India) juga melihat langsung potensi bisnis yang ada di kepulauan paling ujung barat Indonesia.

"Kota Sabang sangat berdekatan dengan Andaman dan Kepulauan Nicobar, tetapi selama ini belum ada kerja sama. Karena itu kami berharap dapat menjalin kerja sama agar Sabang menjadi terasa dekat dan dapat saling berkunjung demi kemajuan bersama," kata Dubes India itu.

Rombongan Dubes India bersama delegasi pengusaha juga berkunjung ke Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018