Langsa (Antaranews Aceh) - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Langsa, Propinsi Aceh, mengumpulkan 524 kantong darah dari pendonor sepanjang bulan Juli 2018.

"Alhamdulillah medio bulan Juli ini kita terus menerima donor dari masyarakat," sebut Humas PMI Kota Langsa, Hengki Syahjaya di Langsa, Rabu.

Menurut dia, petugas UTD PMI Kota Langsa menerima sebanyak 364 kantong darah dari masyarakat pendonor di mobil unit transfusi darah, yang parkir di tribun lapangan merdeka setempat.

Selanjutnya, 160 kantong lainnya diperoleh dari pendonor yang datang langsung ke kantor UTD PMI Kota Langsa di jalan A Majid Ibrahim, Matang Seulimeng, Langsa Barat.

Hengki menyebut, golongan darah yang paling dominan adalah jenis O dan A. Walau, terdapat juga golongan darah B maupun AB. Tetapi, jumlahnya terbatas.

"Masyarakat secara sukarela mendonorkan darahnya secara berkala. Paling dominan golongan darah O dan A," katanya.

Sejauh ini, UTD PMI Kota Langsa telah mampu menyediakan kebutuhan darah bagi delapan rumah sakit, diantaranya RSUD Langsa, RS Umi, RS Cut Nyak Dhien dan RS Cut Meutia.

Sementara, di Kabupaten Aceh Timur meliputi RSUD Idi, RS Graha Bunda dan RS Sultan Abdul Azizsyah Peureulak.

Diakuinya, saat ini UTD PMI Kota Langsa mampu memenuhi kebutuhan permintaan darah dari masyarakat yang membutuhkan dan tidak lagi harus ada donor pengganti.

"Sekarang sudah tidak perlu lagi adanya donor pengganti atas setiap permintaan darah. Karena alhamdulillah sudah tersedia stok darah dari para pendonor," pungkasnya.
 

Pewarta: Putra Zulfirman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018