Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, melakukan pencanangan kampanye imunisasi massal measles rubella (MR) dalam upaya memutus transmisi penularan virus campak MR di tengah masyarakat.

"Pengendalian penyakit MR ini merupakan program nasional yang ditargetkan pada 2020, Indonesia bebas dari MR," kata Kadis Kesehatan Aceh Tengah, Sukrimaha di Takengon, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pencanangan kampanye imunisasi massal MR yang dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar di SMP Negeri 1 Takengon.

Sukrimaha menjelaskan, sasaran imunisasi MR tersebut ditujukan bagi anak Aceh Tengah berusia 9-15 tahun yang diperkirakan berjumlah 67.102 jiwa yang pelaksanaan pertama pada Agustus di lembaga pendidikan mulai dari PAUD hingga SMP/sederajat dan pada September akan dilaksanakan diseluruh unit layanan kesehatan masyarakat.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut serta dan berperan aktif dalam ikut serta mendukung kampanye imunisasi MR tersebut.

"Imunisasi MR ini tidak akan bisa jalan dengan baik kalau tidak didukung oleh instansi terkait, lembaga pendidikan, organisasi profesi kesehatan, media massa dan seluruh elemen masyarakat," katanya.

Pencanangan kampanye imunisasi MR di Aceh Tengah ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon. Bupati serta elemen terkait turut menyaksikan dan memberi semangat kepada anak yang menjadi peserta awal imunisasi hari itu.
 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018