Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Jamaah calon haji (Calhaj) kelompok terbang pertama Embarkasi Banda Aceh yang berasal dari Kabupaten Pidie akan masuk asrama pada Jumat (3/8) sekitar pukul 08.00 WIB.

"Insya Allah besok kloter pertama Aceh akan masuk asrama haji Embarkasi Banda Aceh dan PPIH Embarkasi Aceh juga sudah siap untuk pelaksaaan pemberangkatan Calhaj pada musim haji 2018," kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, M Daud Pakeh di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan Kloter 1 (BTJ-01) yang berjumlah sebanyak 384 calon jamaah haji tersebut akan menempati makta Nomor 55, rumah nomor 1004, Sektor X yang berada di kawasan Misfalah.

Daud Pakeh mengatakan Calhaj asal Kabupaten Pidie tersebut akan bertolak dari Bandara Sultas Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar pada Sabtu (4/8) sekitar pukul 06.05 menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Ia menambahkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh telah melakukan berbagai persiapan dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk melaksanakan rapat persiapan akhir dengan lintas instansi.

"Persiapan yang kita lakukan terus menerus guna memberikan pelayanan maksimal kepada Tamu Allah yang akan melaksanakan ibadah haji tersebut," katanya.

Daud Pakeh mengatakan salah satu terobosan baru dari Kementerian Agama (Kemenag) dalam penyelenggaraan haji tahun ini adalah proses rekam data biometrik di embarkasi asal, di mana proses tersebut akan dijalani seluruh Calhaj saat masuk Asrama Haji.
 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018