Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - sebanyak 35 club menembak di Tanah Air berpartisipasi dalam turnamen menembak Piala Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Lhokseumawe, Provinsi Aceh, yang berlangsung selama 4-5 Agustus di Lapangan Diklat PIM, Aceh Utara.

Pelaksanaan turnamen menembak Piala Danlanal Lhokseumawe tersebut sebagai rangkaian kegiatan dalam menyambut Hut ke-73 Republik Indonesia.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal di Lhokseumawe, Minggu, mengatakan pelaksanaan turnamen menembak tersebut, selain menyambut HUT ke-73 RI, juga untuk mencari bibit atlet potensial yang nantinya dapat mengharumkan nama daerah, baik event nasional maupun internasional.

Pada kesempatan itu, Danlanal mengingatkan kepada peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu agar tetap menjunjung tinggi sportivitas pertandingan.

"Dalam sebuah turnamen, kalah menang itu biasa. Oleh karena itu, mari kita junjung tinggi sportivitas pertandingan. Karena tujuan perlombaan ini untuk meramaikan HUT kemerdekaan RI sekaligus menjaring atlet potensial yang nanti dapat menjadi atlet berprestasi," katanya.

Sementara itu, perwakilan dari KONI Aceh M Nasir mengatakan Provinsi Aceh selama ini belum mampu menaikkan rangking cabang olahraga menembak pada PON.

Oleh karena itu, dengan adanya kejuaraan menembak yang diselenggarakan oleh Palapa Shoting Club tersebut, dapat mengasah kemampuan untuk mengisi nomor kejuaraan di tingkat nasional. Apalagi, pelaksanaan PON 2024 akan dilaksanakan di Sumut-Aceh.

Ia berharap atlet menembak dari Aceh dapat menyumbangkan medali emas pada event olahraga terbesar di Tanah Air pada 2024 nanti.

Sementara itu, Perwira Staf Danlanal Lhokseumawe Mayor Laut (T) M Ridwan menambahkan klub peserta turnamen menembak Piala Danlanal tersebut berasal dari Jakarta, Blitar, Lampung, dan Sumatera Utara serta tuan rumah Aceh.

Turnamen menembak tersebut melombakan dua kelas kelas, yakni kelas PCP Benchrest 25 Meter dan kelas Speed Benchrest 41.33.27.18 Meter.

Hadiah yang disediakan untuk masing-masing kelas untuk juara pertama sebesar Rp5 juta, juara kedua Rp3 juta , juara ketiga sebesar Rp2 juta.

"Untuk masing-masing kelas, selain mendapat hadiah berupa uang, juga mendapatkan, medali, trophy dan piagam, baik untuk kelas PCP Benchrest 25 Meter maupun kelas Speed Benchrest 41.33.27.18 Meter," kata M Ridwan.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018