Sabang (Antaranews Aceh) - Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Papua mengakumi keindahan pesona bahari Sabang, provinsi Aceh.

"Wow, sangat indah bawah lautnya," kata salah seorang peserta SMN asal Papua saat menyaksikan keindahan bawah laut Sabang diatas perahu kaca di sekitar Pulau Ribiah, Iboih, Sabang, Provinsi Aceh, Senin.

Masih diatas perahu kaca, ya sangat bagus terumbu karangnya, dan banyak ikan hias terlihat, sahut peserta SMN lainnya, Veni Tabuni.

Selain menyaksikan keindahan pesona bawah laut Sabang, para peserta SMN asal Papua itu juga dibawa mengelilingi Pulau Rubiah sembari menyaksikan asrinya hutan pulau tersebut.

"Sabang sangat indah, pulaunya bagus dan lautnya pun sangat bersih," kata Veni.

Sebanyak 31 peserta SMN asal Papua berkunjung ke pulau terluar paling ujung barat Indonesia terkait program pertukaran pelajar dari, 34 provinsi se-Indonesia yang diprakarsai Kementerian BUMN melalui program BUMN hadir untuk negeri (BHUN).

Program SMN tersebut untuk memperkenalkan ragam budaya Indonesia dari Sabang hingga Merauke, dan dari Miangas sampai Pulau Rute.

Masih di pulau terluar paling barat Indonesia, pada kesempatan itu para peserta SMN juga berkunjung ke PT Pertamina (Persero) di Kuta Bawah Timu, Tugu Kilometer Nol Indonesia, destinasi bahari dan wisata putroe ijo, Aneuk Laut, Sabang.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan PT Surveyor Indonesia (Persero) ?sebelumnya ?telah memberangkatkan sebanyak 26 siswa-siswi dari 23 Kabupaten/Kota se-Aceh untuk mengikuti rangkaian kegiatan SMN di Papua.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018