Meulaboh (Antaranews Aceh) - Masyarakat dan nelayan di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh mengharapkan pemerintah segera merealisasikan pembangunan pelabuhan perikanan Samudera Kelas IV untuk memperkuat sentra perekonomian di daerah.

Ketua Komunitas Nelayan Tradisional (Kontan) Aceh Barat Indra Jeumpa di Meulaboh, Kamis, mengatakan, jika pelabuhan itu tidak segera dibangun, pertumbuhan ekonomi nelayan tetap jalan di tempat dan tidak akan pernah berkembang.

"Kita ingin pemerintah segera membangun pelabuhan tersebut, bukan hanya dijadikan wacana, banyak dampak yang dirasakan oleh masyarakat sekitar jika pelabuhan bertaraf internasionalnitu segera dibangun," katanya.

Kontan mendesak pemerintah segera membangun Pelabuhan Samudera di lokasi eks Padang Seurahet yang sudah diwacanakan sebelumnya, bahwa pelabuhan perikanan Samudera kelas IV difasilitasi dengan peralatan modern dan serba internasional.

Terlebih lagi proses pembangunan pelabuhan tersebut telah selesai pembuatan Detail Engineering Design (DED). Demikian juga persoalan pembebasan lahan di lokasi setempat dengan masyarakat pemilik tanah.

Indra menjelaskan, banyak dampak positif yang akan diterima oleh masyarakat pesisir dan sekitarnya, bukan hanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi saja melainkan juga adanya lowongan kerja baru bagi para masyarakat lokal yang memang pribumi.

"Jika pelabuhan perikanan harapan nelayan itu sudah terbangun saya sangat yakin dengan dampak positifnya, pertumbuhan ekonomi dan para nelayan lebih dapat dipastikan penghasilannya," katanya.

Disampaikan, pemerintah sudah melakukan pengukuran tanah lokasi, namun sampai kini belum merealisasikan infrastruktur itu, padahal rencana itu sudah pernah direspons Presiden RI Jokow Widodo, saat berkunjung ke Meulaboh pada 2015.

Saat ini lokasi wacana pelabuhan perikanan bertaraf internasional itu di permukiman eks Desa Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat hanya menjadi lahan tidur yang tidak difungsikan.

Untuk itu para nelayan Kontan segera berharap pemerintah segera membangun pelabuhan tersebut, apalagi saat ini pemerintah tengah gencar - gencarnya mengupaya penguatan sektor kelautan dengan pembangunan infrastruktur sebagai negara maritim.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018