Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Kepolisian Daerah (Polda) Aceh menggelar simulasi pemilihan umum (pemilu) legislatif yang dilaksanakan serentak dengan pemilihan langsung presiden pada 17 April 2019.

Simulasi dipusatkan di Markas Polda Aceh di Banda Aceh, Selasa, dengan melibatkan ratusan personel Polri serta sejumlah anggota TNI dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Simulasi disaksikan Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak dan jajaran, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko.

Serta sejumlah bupati, wakil bupati dari beberapa kabupaten di Aceh, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra, dam unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Aceh.

Simulasi diawali kampanye terbuka calon presiden yang dikawal kepolisian. Saat hendak menuju lokasi kampanye, calon presiden ditembak sekelompok orang tidak dikenal.?

Polisi yang mengawal calon presiden menghalau kelompok tidak dikenal tersebut dan berhasil mengawalnya hingga lokasi kampanye. Di lokasi kampanye, polisi juga mengatasi seseorang yang hendak mengganggu calon presiden.

Simulasi juga memperlihatkan pola pengamanan oleh kepolisian setiap tahapan pemilu legislatif maupun pemilihan presiden. Simulasi juga memperlihatkan bagaimana kepolisian mengatasi kerusuhan massa sesudah pemungutan suara.

Simulasi juga memperagakan penanganan massa yang anarkis seperti melempar dan menyerang polisi yang menggunakan tameng serta melakukan pembakaran.

Di akhir simulasi, kepolisian memperlihatkan bagaimana mengatasi massa dengan menyemprotkan air dan gas air mata. Hingga menembakkan senjata dengan peluru karet guna membubarkan massa yang anarkis.

Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar mengatakan, simulasi merupakan praktik langsung pengamanan setiap tahapan pemilihan umum, sehingga personel paham yang mereka lakukan dalam pengamanan pesta demokrasi tersebut.

"Simulasi ini memberikan gambaran kepada personel yang terlibat pengamanan pemilu. Dengan simulasi ini, personel memahami apa yang dilakukan dilakukan saat pengamanan pemilu," kata Kombes Pol Misbahul Munauwar.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018