Meulaboh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, akan membangun kebun pinang rakyat di kawasan pedalaman yang jalannya tengah dibuka melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

"Banyak lahan tidur di sini. Saya ada program membuka kebun pinang rakyat yang akan dibagikan kepada masyarakat kecil agar mandiri secara ekonomi," kata Bupati Aceh Barat H Ramli, MS di Meulaboh, Senin.

Hal itu disampaikan usai menjadi inspektur upacara pembukaan TMMD Kodim 0105/ Aceh Barat ke-103 di lapangan bola kaki Desa Ujung Raja, Panton Reu bertema "TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera dan Demokratis".

Ramli berharap, kehadiran kegiatan itu mampu membangun ketertinggalan kawasan terpencil di Aceh Barat, dengan terbukanya akses jalan akan memperlancar roda perekonomian masyarakat dan mudah terjangkau pelaksanaan program pemerintah.

Kegiatan fisik yang akan dilakukan selama 30 hari yakni membuka akses jalan terobos sepanjang 6,5 km menghubungkan Desa Antong Kecamatan Panton Reu sampai dengan Desa Lango Kecamatan Pante Ceureumen.

"Pembangunan infrastruktur itu mahal, tetapi dengan bantuan melalui TMMD ini hanya Rp1 miliar, kalau kita hitung-hitung sebenarnya tidak cukup uang Rp5 miliar. Inilah semangat kebersamaan dan gotong royong, karena itu mari kita dukung," katanya.

Pembangunan desa ditangani terpadu dengan melibatkan instansi terkait, pada semua tingkatan melalui pengembangan sumber daya manusia sebagai modal mendorong tumbuhnya prakarsa dan swadaya masyarakat secara aktif dalam pembangunan.

Di samping itu, kata Ramli, partisipasi dan kerja sama serta semangat gotong royong dari unsur yang terkait perlu dilakukan, TNI sebagai sudah mengatur sedemikian rupa, tinggal pelaksanaannya membutuhkan dukungan warga sekitar.

"TNI Sebagai panitia pelaksana serta semua pihak yang sudah berpatisipasi akan mensukseskan acara ini. Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi - tingginya," imbuh Ramli, MS dalam sambutannya.

Acara ini turut dihadiri Danrem 012/ Teuku Umar Kolonel Inf Aswardidan Dansatgas TMMD Komandan Kodim 0105/ Aceh Barat, Letkol Kav Nurul Diyanto, Kapolres Aceh Barat AKBP Raden Bobby Aria Prakarsa, SIK serta unsur muspida dan muspika.
 

Pewarta: Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018