Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Senin, melaunching Program S2 Konsentrasi Eco-Technopreneurship dalam rangka merespon masyarakat yang mengharapkan agar PTN tersebut bisa melahirkan entrepreneur yang berkelas dan siap menghadapi persaingan global.

Dalam sambutannya, Rektor Unsyiah, Prof Dr Ir Samsul Rizal, MEng memberikan apresiasi kepada Program Pascasarjana Unsyiah dan menyambut baik kelahiran prodi baru yang berada dalam lingkungan Unsyiah itu.

Ia mengatakan, kehadiran Prodi S2 Eco-Technoprenership ini betul-betul wujud link and match antara dunia universitas dan industri yang dibutuhkan oleh dunia sekarang, terutama dalam era revolusi industry 4.0

Ia juga menjelaskan program studi baru di lingkungan Pascasarjana Unsyiah dan sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenristek Dikti melalui Direktur Kelembagaan Dikti dengan memberikan persetujuan atas usulan Rektor Unsyiah No. 5744/UN11/TU/2018 Tanggal 14 Agustus 2018.

Prodi Eco-Technopreneurship, jelasnya, merupakan program studi multi disiplin ilmu yang terdiri Ekonomi, Bisnis, Teknik, Hasil dan Budidaya Pertanian serta Bioteknologi dan Agro Industri.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana Unsyiah, Prof Dr Ir Darusman, MSc mengatakan, persiapan lahirnya Program Studi Eco-Technopreneurship sudah mulai dilakukan sejak awal Januari 2018.

Sebagai pemantik, ia dan tim melaksanakan The 1st International Graduate Conference in Conjunction with Rountable for Indonesian Entrepreneurship Educator di Banda Aceh, 2-5 Oktober 2018.

Kegiatan ini mendapat animo yang baik dari peneliti dan praktisi ekonomi, bisnis dan teknologi di Indonesia, sehingga banyak peserta yang datang dan mempresentasikan hasil penelitiannya terkait bisnis dan inovasi di Indonesia.

Ia menambahkan Program Studi Magister Eco-Technopreneurship akan diampu oleh akademisi, professional, praktisi serta pakar dari dunia industri, ekonomi dan digitalisasi management.

"Kita harapkan, bisa menjadi kekuatan baru dalam mewujudkan visi inovatif, mandiri dan terkemuka yang dicanangkan Unsyiah untuk mewujudkan harapan masyarakat, bangsa dan negara," ujar Darusman.

Program studi ini direncanakan akan mulai menerima mahasiswa baru pada Desember 2018 atau setelah menerima Surat keputusan dari Kementrian Ristekdikti.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018