Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Asisten I Sekretaris Daerah (Setda) Aceh M. Jafar menyatakan butuh komitmen pemerintah kabupaten dan kota untuk mempercepat penegasan batas daerah dengan membentuk tim penegasan batas daerah (PBD).

"Selain membentuk tim PBD, pemkab/pemkot juga harus mengalokasikan anggaran yang cukup untuk penegasan batas daerah," kata M. Jafar di sela-sela membuka rapat Verifikasi Percepatan Penegasan Batas Daerah se-Aceh di Banda Aceh, Selasa.

Jafar menjelaskan bahwa tim PBD kabupaten akan berkoordinasi dengan Tim PBD Aceh untuk mendalami terkait dengan aturan-aturan dalam penegasan batas serta bersinergi untuk percepatan penyelesaian setiap tahapannya.

Menurut dia, dalam penyelesaian tersebut juga perlu adanya kesamaan persepsi terhadap mekanisme penyelesaian perselisihan batas daerah.

Ia menekankan tidak ada daerah yang melakukan kegiatan yang dapat mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum di perbatasan, khususnya pada garis batas yang belum pasti.

"Apabila penegasan batas daerah secara pasti di lapangan tidak dapat dilakukan karena kondisi geografis, disepakati penegasan batas daerah secara kartometrik oleh kedua belah pihak," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, juga membahas lima segmen penegasan batas wilayah di Aceh, yakni segmen batas antara Pidie -Aceh Jaya, Pidie-Bireuen, Bireuen-Aceh Tengah, Aceh Timur-Bener Meriah, dan Aceh Tengah-Aceh Barat.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat melahirkan kesepakatan bersama terhadap peta kerja lima segmen batas daerah sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Aceh dan pemerintah kabupaten dalam rangka mempercepat progres penegasan batas daerah di Aceh.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Aceh M. Syakir mengatakan bahwa lewat rapat tersebut akan lahir komitmen pemerintah kabupaten terhadap percepatan penegasan batas pada lima segmen batas daerah.

Ia menyebutkan secara geografi Aceh memiliki 21 kabupaten/kota yang mempunyai batas daerah di darat dan hanya Kabupaten Simeulue dan Kota Sabang yang memiliki batas laut.

Sementara itu, lima kabupaten/kota di Aceh berbatas dengan lima kabupaten di Sumatera Utara.

 

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018