Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memperkirakan potensi hujan dua hari ke depan dan lebih sering terjadi pada malam dinihari.

Potensi terjadinya hujan saat dinihari tersebut, terjadi di seluruh wilayah pesisir utara Aceh dan kawasan Aceh Tengah yang meliputi beberapa kabupaten di kawasan pantai utara Provinsi Aceh.

"Untuk 2 hari kedepan, potensi hujan ringan sedang masih terjadi terutama pada malam dini hari di wilayah di wilayah Kabupaten Bireuen, Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Bener Meriah, Aceh Timur dan Kota Langsa," ungkap prakirawan cuaca BMKG Stasiun Malikussaleh Febryanto, Rabu malam.

Mengenai kondisi cuaca yang sedang diliputi hujan, kepada masyarakat juga diharapkan waspada terhadap bahaya longsor terutama di sekitar daerah perbukitan dan juga bahaya luapan banjir bagi yang bermukim di sekitar sungai atau saluran air.

Lanjutnya, adapun penyebabnya terjadinya potensi hujan di sejumlah wilayah dimaksud adalah dikarenakan adanya awan-awan menengah yang biasanya menghasilkan hujan dengan intensitas ringan akan tetapi berlangsung dengan durasi yang lama jika dibandingkan dengan hujan yang dihasilkan dari awan awan konvektif (awan Cumulonimbus).

Sementara itu, mengenai ketinggian gelombang laut diwilayah perairan Lhokseumawe dan daerah sekitarnya diperkirakan mencapai 1,5 meter. Begitu juga dengan kondisi cuaca di wilayah perairan tersebut diprediksi hujan.

"Cuaca di laut diprediksi hujan juga dengan ketinggian gelombang mencapai 1,5 meter. Kepada nelayan diharapkan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan aktivitas melautnya, karena jarak pandang sangat terbatas," jelas prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh tersebut.
 

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018