Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Politikus Partai Aceh Tgk Sulaiman dilantik menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) sisa masa jabatan 2014 sampai dengan 2019 menggantikan Tgk Muharuddin.

Pelantikan dan sumpah jabatan Tgk Sulaiman berlangsung dalam sidang paripurna istimewa DPRA di Band Aceh. Sidang dipimpin Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda dan dihadiri Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

Sidang juga dihadiri Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA). Pengambilan sumpah Tgk Sulaiman sebagai Ketua DPRA dilakukan Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda mengatakan, pergantian Ketua DPRA berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri berdasarkan usulan Partai Aceh dan ditetapkan dalam sidang paripurna sebelumnya.

"Selain mengangkat Tgk Sulaiman sebagai Ketua DPRA, surat keputusan Menteri Dalam Negeri juga memberhentikan dengan hormat Tgk Muharuddin dari jabatannya Ketua DPRA," kata Sulaiman Abda.

Sulaiman Abda menyampaikan terima kasih kepada Tgk Muharuddin yang selama 4 tahun mengetuai lembaga wakil rakyat.

"Tgk Muharuddin merupakan sosok yang patut diteladani. Beliau sendiri yang memimpin sidang paripurna pergantian Ketua DPRA beberapa waktu lalu. Tgk Muharuddin juga mampu memimpin DPRA dengan baik," kata Sulaiman Abda.

Sementara itu, Tgk Sulaiman mengatakan bahwa jabatan sebagai Ketua DPRA merupakan amanah pimpinan Partai Aceh. Amanah ini akan dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

"Saya juga akan bekerja keras menjalankan tugas dan fungsi lembaga legislatif yakni legislasi, penganggaran, dan pengawasan. Semua tugas itu mewujudkan keadilan dan kemakmuran masyarakat Aceh," kata Tgk Sulaiman.
 

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018