Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Ketua Umum DPP Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat (HIPAKAD), Hariara Tambunan mengemukakan, keberadaan organisasi yang dipimpinnya itu adalah untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bangsa ini.

Terutama bersinergi dengan TNI dan Polri untuk membantu pemberantasan peredaran narkoba, hoaks, dan radikalisme, katanya pada acara pelantikan dan pengukuhan Ketua DPD HIPAKAD Aceh, Ir Muhammad Iqbal periode 2018-2023 di Gedung Balai Teuku Umar (BTU) Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh, Rabu (28/11).  

Dalam menangani hal itu Hariara berharap HIPAKAD Aceh saling bersinergi dalam memberikan informasi dengan TNI dan Polri.

Di samping itu, menjelang pesta demokrasi 2019 mendatang HIPAKAD Aceh diharapkan bisa bersinergi dengan TNI/polri menjaga keamanan dari berbagai upaya perpecahan yang terjadi di masyarakat.

"Selain itu peredaran narkoba juga menjadi ancaman serius bagi generasi sekarang ini, mudah-mudahan HIPAKAD bisa ikut membantu mencegahnya bersama lembaga yang berwenang,” kata Hariara.

Sementara itu, Ketua DPD HIPAKAD Aceh yang baru dilantik, Muhammad Ikbal menyampaikan anggota dan pengurus diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan Aceh dan mendorong perubahan di daerah ini dalam segala aspek.

"Terpenting yang harus dilakukan HIPAKAD ke depan adalah membangun karakter bangsa yang sejalan dengan ideologi Pancasila," kata Muhammad Ikbal.

Hal lain yang harus dilakukan adalah membangun jiwa keacehan yang cinta terhadap daerah ini, terutama dalam membangun tanpa membedakan suku dan agama.

Ikbal menambahkan dengan dilantiknya kepengurusan baru ini, memiliki semangat baru dalam menjalankan visi dan misi organisasi dan meningkatkan kiprah HIPAKAD dalam pembangunan Aceh di masa mendatang.

"Keberadaan HIPAKAD ini menjadi ajang silaturahmi antarsesama dan menjalin komunikasi dengan Pemerintah Aceh dan dapat membantu Pembangunan Aceh di masa akan datang," tutur Ikbal.

Inspektorat Kodam Iskandar Muda (Irdam IM)  Kolonel CZI Firman Dahlan membacakan amanat tertulis Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko, menyampaikan HIPAKAD merupakan wadah organisasi yang beranggotakan putra putri dan keluarga TNI AD yang bertujuan mempertahankan keutuhan bangsa dan bersama-sama komponen bangsa lainnya mengisi kemerdekaan sebagai penerus Bangsa Indonesia.

Keberadaan organisasi HIPAKAD memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Untuk itu, HIPAKAD bersama dengan komponen bangsa lainnya mempunyai kewajiban  moral untuk mendukung setiap langkah dan kebijakan pemerintah dalam rangka mencapai tujuan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sambung Irdam, HIPAKAD dalam gerak langkahnya juga harus dapat menyesuaikan dirinya dengan perkembangan situasi dan senantiasa bertindak dengan dilandasi pemahaman, tekad serta semangat pengabdian kepada NKRI.

Irdam  berharap dengan pelantikan DPD HIPAKAD ini mampu memberikan sumbangsih yang besar dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dan senantiasa turut serta mengatasi berbagai masalah kemasyarakatan yang terjadi di wilayah Provinsi Aceh.

Turut Hadir dalam Acara Tersebut Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan Aceh, SDM,  Ketua DPR Aceh, Kabid SDM Polda Aceh, Wadan Rindam IM, Irutum Itdam IM,  Waaslog Kasdam IM, Waaspers Kasdam IM, dan para keluarga besar TNI AD jajaran Kodam Iskandar Muda.

Pewarta: Heru Dwi Suryatmojo

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018