Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh resmi menerapkan sistem aplikasi yang diberi nama e-ananda (agenda kegiatan pimpinan daerah) guna memberikan informasi mengenai kegiatan pimpinan di daerah setempat.

"Kehadiran aplikasi e-ananda merupakan bagian dari upaya untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat dan semua pihak mengenai kegiatan yang akan dihadiri pimpinan daerah," kata Wakil Bupati Aceh Barat, Banta Puteh Syam di Meulaboh, Senin.

Ia menjelaskan kehadiran aplikasi tersebut juga akan memudahkan mengawasi kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing dinas, badan dan kantor, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan.

Menurut dia, kehadiran inovasi yang pertama di laksanakan di Kabupaten Aceh Barat dan Aceh tersebut akan terciptanya efisiensi waktu dan tertib administrasi dalam kegiatan resmi daerah.

Ia mengatakan aplikasi tersebut cukup membantu dalam menertibkan administrasi undangan dan kegiatan pemerintahan di Aceh Barat, sehingga setiap dinas, badan dan kantor atau pun pihak terkait ingin mengundang pimpinan daerah dalam sebuah acara, maka sudah diketahui pada hari dan jam berapa kegiatan yang kosong atau pun tidak.

Ia menambahkan aplikasi kegiatan pemerintah daerah tersebut dapat diakses langsung oleh setiap masyarakat melalui laman e-ananda.acehbaratkab.go.id. Aplikasi tersebut memuat sejumlah agenda atau pun kegiatan pimpinan dan wakil pimpinan daerah, sesuai dengan kegiatan apa yang akan dihadiri termasuk lokasi acara.

Kabag Umum dan Protokol Setdakab Aceh Barat, Said Azmi dalam pemaparannya mengatakan aplikasi yang ia ciptakan tersebut merupakan hasil dari proyek perubahan dalam Diklat PIM III angkatan II Tahun 2018.

? ? "Selama ini sering terjadinya tupang tindih acara pemerintahan di Aceh Barat, sehingga berdampak pada agenda acara yang tidak terkontrol dan ini menjadi gagasan awal untuk melahirkan inovasi," katanya.

"Aplikasi e-ananda ini pertama di Aceh, Insya Allah akan menjadi pilot projet di 22 kabupaten/kota di Aceh," katanya.

Adapun manfaat aplikasi tersebut adalah tersedianya informasi agenda kegiatan resmi pimpinan daerah yang akurat, memangkas jalur koordinasi dari sistem manual ke sistem aplikasi.

Pewarta: Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018