Sabang (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang meminta manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat segera menyiapkan pelbagai berkas persyaratan untuk akreditasi.

"Pihak RSUD Kota Sabang harus segera melengkapi persyaratan akreditasi," kata Sekda Kota Sabang, Zakaria, di Sabang, Rabu.

Menurut dia, akreditasi tidak hanya mempersiapkan fasilitas secara fisik, namun mencakup non fisik yakni meliputi pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada setiap pasien yang ingin mendapat pelayanan dari RSU Kota Sabang.

"Persiapan akreditasi sangat dibutuhkan dan harus dilakukan sebagai bentuk legalitas peningkatan status untuk sebuah rumah sakit," ujar Sekda.

Ia menyatakan, Pemkot Sabang menjamin bahwa RSUD setempat memiliki standar pelayanan dengan mengedepankan keselamatan pasien dan petugas dituntut profesional saat memberikan pelayanan kesehatan bagi setiap pasien.

Pada kesempatan itu dia juga mengingatkan manajemen RSUD Kota Sabang agar meningkatkan kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat terus berlanjut sesuai persyaratan yang sudah ditentukan.

"RSUD Sabang perlu secepatnya mempersiapkan prsyaratan pengajuan akreditasi. Sehingga kerja sama dengan BPJS bisa terus berkelanjutan dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat tidak terganggu," tandas Sekda.

Sedangkan, Direktur RSUD Kota Sabang, Muhaimin mengaku optimis dan berkeyakinan akan menyelesaikan administrasi akreditasi pada 2018.

"Berbagai persiapan kerjasama sama antara, BPJS Kesejatan dan manajemen RSUD terus dilakukan dengan berkeyakinan semua persyaratan untuk memperoleh akreditasi akan selesai tepat waktu," katanya.

"Insya Allah dalam minggu ini tim yang melakukan akreditasi sudah berada di ?Sabang, dan semua persyaratan administrasi sudah dilengkapi," tegas Sekda.
 

Pewarta: Irman Yusuf

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018