Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Presiden RI, Joko Widodo berjanji mengucurkan dana desa pada 2019 sebesar Rp70 triliun.

"Dana desa akan terus kita tambah dan pada 2019 pemerintah akan menyalurkannya sebesar Rp70 triliun," katanya pada acara Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2018 di Banda Aceh, Jumat.

"Hidup Jokowi, hidup Jokowi, hidup Jokowi. Dana desa lanjutkan," sahut seribuan tamu undangan dari aparatur desa se-Provinsi Aceh yakni, pendamping desa, keuchik (kepala desa), Kader Posyandu, BUMDes, serta penyuluh pertanian dan guru PAUD.

Sosialisasi prioritas penggunaan dana desa 2018 juga dihadiri Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, Wali Nanggroe Aceh Malek Mahmud, Plt Gubernur Aceh serta bupati/walikota se-Provinsi Aceh.

Baca juga: Presiden ingatkan masyarakat Aceh gunakan dana desa sesuai keperluan

"Kok semangat sekali. Sebentar, sangat ingatkan dana desa itu boleh digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan tahun depan dana desa harus digeser untuk pebangunan ekonomi masyarakat desa," tambahnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan dana desa harus dikelola dengan baik demi peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa dan untuk pembelanjaan fisik harus dibelanjakan di desa setempat agar ekonomi masyarakat bertumbuh kembang.

Baca juga: Presiden puji cara "keuchik" berdayakan ekonomi di Aceh

SEmentara Eko Putro Sandjojo mengakui setiap tahun pemerintah terus menambah alokasi dana desa.

"Setiap tahun dana desa itu ditambah, pada 2014Rp40 triliun, 2016 Rp60 dan pada tuhun 2019 nanti Bapak Presiden akan menaikkan lagi dana desa menjadi Rp70 trilun," sebutnya.

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2018