Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengusulkan kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI untuk semakin masif mempromosikan produk ekonomi kreatif daerah ke mancanegara.

Usulan tersebut disampaikan Aminullah Usman pada rapat koordinasi Teheran International Tourism Exhibition (TITE) di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Menurut Wali Kota, selama ini produk-produk ekonomi kreatif lokal yang diproduksi putra daerah termasuk di Banda Aceh kurang beredar di mancanegara. 

Oleh karena itu, Aminullah Usman mengusulkan kepada Kemenpar untuk menjembatani antara daerah dan pihak swasta untuk memasarkan produk ekonomi kreatif ke dunia internasional."

"Untuk lebih memastikan hasil dan tujuan yang akan dicapai dapat optimal, perlu juga dibuatkan suatu memorandum of understanding atau MoU antara pemerintah daerah, pengusaha lokal, dan pemerintah negara tujuan," kata dia.

Wali Kota menyebutkan, potensi produk ekonomi kreatif Banda Aceh sangat luar biasa, mulai dari produk kuliner, kerajinan tangannya, dan lainnya. Kualitas produk ekonomi kreatif dari Banda Aceh juga tidak kalah dengan produk daerah lain.

 "Selain memiliki kekhasan tersendiri, kualitas produk lokal kami tak kalah saing dengan produk luar. Tinggal promosi dan pemasaran yang masih ketinggalan," ungkap Aminullah Usman.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Wali Kota mengundang para pengusaha dan investor dari luar negeri untuk melihat langsung potensi ekonomi kreatif di Banda Aceh. 

"Mohon dukungan dari pemerintah pusat khususnya melalui Kementerian Pariwisata membawa investor ke kota kami. Kami memiliki produk ekonomi kreatif yang tidak kalah dari daerah lain," kata Aminullah Usman.
 

Pewarta: M Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019