Lhokseumawe  (Antaranews Aceh) - Warga di wilayah Aceh Utara, Provinsi Aceh dan sekitarnya diminta mewaspadai angin kencang, dengan cara menghindari lokasi yang berbahaya, menyusul terjadinya perubahan cuaca yang terjadi disekitar wilayah tersebut.

Prakiwaran cuaca Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Arijuddin, Senin mengatakan, perkiraan kecepatan angin untuk wilayah Aceh Utara, Kota Lhokseumawe dan sejumlah daerah disekitarnya, mencapai 18 Kilometer / jam.

Perkiraan angin untuk Aceh Utara, Lhokseumawe dan sekitarnya dengan kecepatan 18 Kilometer / jam, dari arah. Sehingga tetap perlu diwaspadai oleh masyarakat.

Lanjut Arjuddin lagi, sementara itu perkiraan suhu di wilayah dimaksud, berkisar antara 22-32 derajat celcius, dengan perkiraan kelembaban udara berkisar antara 60-96 persen. Sedangkan kondisi hujan terjadi ringan yang bersifat lokal.

Prakiraan kami terkait prospek cuaca ke depan di wilayah Aceh Utara, Kota Lhokseumawe dan daerah sekitarnya, yaitu berawan hingga hujan dengan intensitas ringan, namun hujannya ini bersifat lokal atau tidak merata ke semua wilayah,? jelas Prakirawan cuaca BMKG Stasiun Malikukssaleh tersebut.

Sebagaimana disebutkan oleh Arijuddin, kondisi cuaca untuk saat ini dengan angin kencang, diimbau ke masyarakat agar waspada terhadap kondisi cuaca, serta menghindari pohon-pohon tinggi dan besar, dikarenakan angin tergolong cukup kencang.

Selain itu, bagi nelayan juga berhati-hati didalam melaksanakan aktivitasnya didalam melaut, dikarenakan gelombang laut dapat berkisar antara 0.5 hingga 1.5 meter.

Mengingat kondisi cuaca dengan angin kencang dan juga gelombang yang agak tinggi, diharapkan kepada masyarakat maupun nelayan untuk berhati-hati didalam melaksanakan aktivitasnya sehari-hari dan menghindari dari potensi terjadinya dampak yang tidak diinginkan, kata Arijuddin mengingatkan.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019