Blangpidie (Antaranews Aceh) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan sedikitnya 250 ton benih padi unggul varietas M-400 ke seluruh petani untuk dibudidayakan pada musim tanam (MT) rendengan 2018-2019.

Kepala Bidang Perbenihan dan Pembibitan pada Dinas Pertanian, Kabupaten Abdya, Hendri Yadi di Blangpidie, Ahad mengatakan, pada MT rendengan ini petani di daerahnya menanam padi varietas M-400 secara serentak.

Program tanam padi serentak dengan menggunakan benih padi unggul varietas M-400 tersebut dilakukan oleh ribuan petani Abdya di lahan sawah seluas 10 ribu hektare lebih yang terbentang di sembilan kecamatan di daerah itu.

"Alhamdulillah, program tanam padi rendengan saat ini sudah memasuki tahapan penaburan benih di tempat persemaian. Insyaallah akhir Januari 2019 ini semua sawah sudah ditanami oleh petani," kata Hendri.

Hendri menjelaskan, semua benih padi yang ditanam oleh belasan ribu petani Abdya pada MT rendengan 2018-2019 ini merupakan benih padi unggul varietas M-400 yang diberikan secara gratis oleh Pemerintah daerah.

Pemkab melalui Dinas Pertanian menyalurkan benih padi secara gratis kepada seluruh petani Abdya tersebut merupakan benih unggul varietas M-400 bantuan Pemerintah pusat sumber Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).   

"Benih padi unggul sebanyak sekitar 250 ton yang telah kita salurkan ke petani itu berasal dari Pemerintah pusat sumber APBN. Jadi, benih bantuan itu telah kita salurkan ke seluruh petani sekitar sebulan lalu," kata Hendri.

Hendri berharap kepada seluruh petani di Kabupaten Abdya, terutama yang belum melakukan tabur benih agar segera melakukan penyemaian, sehingga 15 hari ke depan sudah dapat di tanam dilahan persawahan.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019