Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Pengusaha muda sekaligus pemilik Travel Umrah Elhanief Groups, H Akmal Hanif Lc mendirikan pesantren penghafal Alquran di Alue Ie Putih, Aceh Utara. Pesantren dengan nama Raudhatul Quran itu menyediakan beasiswa penuh bagi santri yang bersungguh-sungguh menjadi penghafal kalam Allah itu.

"Pesantren ini semula akan diresmikan lusa, tetapi sebagian santri masih ikut musabaqah maka kita tunda pekan depan," kata Akmal Hanif, Selasa (15/1/2019) saat menghiri rapat pengurus Pengajian Tasauf, Tauhidm dan Fiqh (Tastapi) seluruh Aceh di Dayah Mudi Mesra, Samalanga, Bireuen.

Selain menjadi pusat pembelajaran Alquran, Pesantren Raudhatul Quran menurut Akmal Hanif, juga dijadikan pusat kursus pengusaha muda di Aceh Utara. Seluruh santri juga akan dibekali keahlian wirausaha selama menghafal Alquran di Pesantren itu.

Dikatakannya, ada tiga kelas yang dibuka di Pesantren itu antara lain, kelas sekolah dasar, menengah, menengah atas, dan kelas khusus santri lulusan dayah yang ingin menghafal Alquran. 

"Khusus santri lulusan dayah kita berikan beasiswa penuh dan mereka nanti jika sudah hafal Alqurah wajib kembali mengajar di dayah semula," ujarnya.

Pesantren Raudhatul Quran berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektare yang mampu menampung  dua ribuan santri termasuk santri yatim yang mendapat tempat khusus.

Ia menambahkan, kurikulum di Raudhatul Quran difokuskan kepada hafalan Alquran dan kajian-kajian pada kitab Imam Syafii. 

"Mari kita dukung semua progam ini karena ini bagi kemajuan generasi muda Aceh ke depan, kepada Pemerintah Aceh mari bersama-sama Raudhatul Quran mewujudkan generasi impian Aceh," katanya.

Di Pesantren Raudhatul Alquran itu juga akan dibangun Alquran Center sebagai pusat belajar Alquran untuk seluruh masyarakat Aceh. "Kita punya banyak ratusan mushaf Alquran cetakan Arab itu akan kita sebar ke seluruh Aceh, jadi setiap saya ke Mekkah saya bawa ratusan Alquran itu untuk diwakafkan kembali," pungkasnya. 
 

Pewarta: Arif Ramdan

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019