Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Peristiwa angin kerjang telah mengakibatkan sebatang pohon kayu tumbang yang menimpa satu unit rumah warga di Gampong (Desa) Baroh, Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya, Senin dini hari tadi.

"Tertimpanya rumah seorang warga bernama Ilyas, terjadi sekitar pukul 02.00 WIB. Tapi, alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ucap Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan, pohon kayu setinggi belasan meter ini jatuh menimpa bagian atas rumah hingga merusak atap yang dilapisi seng, dan beberapa batang kayu sebagai penyangga seng tersebut terlihat patah menjadi dua bagian.

Dilaporkan satu kepala keluarga dengan tiga orang sebagai penghuni rumah tersebut ikut menjadi korban akibat angin kencang yang melanda wilayah Aceh Jaya dalam dua hari terakhir.

"Tim dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Aceh Jaya meninjau rumah yang tertimpa pohon ini, dan melakukan pendataan sebagai laporan," katanya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Blang Bintang di Aceh Besar, Zakaria telah mengingatkan, angin kencang rawan terjadi yang menyebabkan pohon tumbuh dan rumah menjadi rusak.

Ia mengatakan, dari pantauan pihaknya dewasa ini angin kencang terkadang disertai puting beliung rawan terjadi sedikitnya empat daerah di Aceh, seperti Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, dan Aceh Jaya.

"Angin kencang muncul, akibat tekanan rendah di belahan bumi bagian utara. Maka massa udara di belahan bumi selatan akan bergerak dengan tekanan rendah menuju? bumi bagian utara," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019