Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh melepas para atlet rugby mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelaknas) di Banda Aceh, Rabu.
     
Para atlet tersebut dilepas oleh Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar yang didampingi dua Wakil Ketuanya, Rayuan Sukma dan Bachtiar Hasan.
     
Hadir juga Ketua Umum Pengprov Rugby Union Indonesia (RUI) Aceh Ir Andry Agung MM, dan para pengurus.
     
Sebanyak enam atlet Rugby yang terdiri tiga putra dan tiga putri akan mengikuti Pelaknas SEA Games di Jogjakarta. Ke-6 atlet tersebut adalah Febri M Sani, Munzahar, Ramdan Atika, Frilyanti Chairunisa, Sartinah dan Rini Fauza.
         
Ketua KONI Kamaruddin Abubakar yang akrab disapa Abu Razak berharap keikutsertaan di Pelatnas bisa meningkatkan kemampuan dan prestasi atlet.

Ia mengatakan,  atlet ikut Pelatnas dapat meningkatkan kemampuan, sehingga bisa lolos PON dan berprestasi meraih medali di PON XX/2020 di Papua.
     
"Dari rugby kita target medali emas di PON. Kita harapkan bisa tercapai. Tidak mungkin tidak bisa," ujarnya memberi motivasi.
     
Abu Razak menambahkan, KONI Aceh menargetkan meraih peringkat 10 besar pada PON XX/2020 di Papua. Mudah-mudah adanya atlet Aceh mengikuti Pelatnas akan mendukung pencapaian target Aceh di PON Papua.
     
Bachtiar Hasan menambahkan, sebelumnya sudah dua atlet Aceh dari angkat besi yaitu Nurul Akmal dan Surahmat yang saat ini sedang menjalani Pelatnas SEA Games XXX/Manila 2019.
     
Sekarang, sebutnya, ditambah lagi enam atlet rugby yang dipanggil mengikuti Pelatnas dan dua atlet atletik akan menyusul.
     
Sementara itu, Ketua Umum Pengprov RUI Andry Agung menyebutkan, atlet Aceh dipanggil masuk Pelatnas oleh PB PRUI berdasarkan hasil kejuaraan nasional (Kejurnas) 29 - 30 September 2018 di Yogyakarta dan talent scouting (pantauan tim pemandu) tim nasional rugby Indonesia, 27 November 2018 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.
     
Dijelaskannya, sebanyak 18 atlet putra dan 18 atlet putri dari berbagai provinsi dipanggil PB PRUI untuk masuk Pelatnas. Termasuk tiga putri dan tiga putra diantaranya dari Aceh.
     
Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan terima kasih atas dukungan selama ini dari KONI Aceh, PB PRUI, PT Dunia Barusa dan seluruh stakeholder yang ada.

Pewarta: Heru Dwi Suryatmojo

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019