Suka Makmue (Antaranews Aceh) - Kodim 0116/Nagan Raya, Provinsi Aceh, kini mendorong percepatan pendidikan di kawasan pedalaman yakni di areal transmigrasi Desa BLang Lango, Kecamatan Seunagan Timur.

"Saat ini warga transmigrasi sangat membutuhkan pendidikan, terbukti warga harus jauh-jauh menyekolahkan anaknya ke desa tetangga dengan akses jalan yang sulit dan harus melewati arus sungai yang deras," kata Dandim 0116 Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana saat meninjau kawasan transmigrasi kepada sejumlah wartawan, Rabu (23/1).

Beranjak dari hal itu, personel Kodim 0116 Nagan Raya sebagai aparat kewilayahan bergegas bergerak dengan mendorong warga transmigran, untuk menyiapkan sekolah yang sudah selesai dibangun di wilayah transmigrasi.

"Saya akan tempatkan Babinsa dari Koramil 09 Seunagan Timur, sebagai tenaga pengajar dengan dibantu warga yang sudah bertitel sarjana sehingga warga segera memperoleh pendidikan," ujarnya.

Ia berharap, warga transmigran bersama TNI membantu mewujudkan pendidikan di wilayah ini.

Kepala Desa (keuchik) Desa Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Odiyantri  berterima kasih kepada TNI yang sudah peduli dengan pendidikan di desa mereka.

"Kehadiran pendidikan sangat dibutuhkan warga transmigran dimana saat ini warga banyak menyekolahkan anaknya keluar daerah, hal ini diperparah dengan sulitnya akses jalan," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat berharap akses pendidikan anak-anak yang ada di kawasan pedalaman tersebut, dapat segera tercapai sehingga mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019