Surabaya (Antaranews Aceh) - Kopi tubruk Aceh khas Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat yang memiliki ciri khas diminum dengan gelas terbalik dan memakai sedotan ternyata juga ada di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Pantauan wartawan Antara yang menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Surabaya, Sabtu (9/2) malam, kopi yang sudah menjadi ikon wisata di Aceh Barat tersebut juga dijual oleh Asin, warga yang pernah menetap di Meulaboh beberapa tahun silam.

Kini ia menjual kopi khas Aceh ini di Kota Surabaya dan ternyata sangat diminati masyarakat, khususnya pecinta citarasa Kopi Aceh.

Di kedai sederhana ini ternyata juga dijual mie Aceh yang kini sudah semakin terkenal ke pelosok nusantara.

Mie yang dijual tersebut juga beranekaragam seperti mie Aceh, mie kocok khas Aceh dengan aneka rasa.

Soal rasa, juga tak kalah nikmat dari mie yang dijual di Aceh.

"Kopi tubruknya enak, sama persis seperti rasa kopi yang ada di Meulaboh, Aceh Barat," kata Khairullah, warga Nagan Raya, Aceh  usai mencicipi kopi kepada Antara, Sabtu malam.

Menurutnya, kopi tubruk yang dijual tersebut dapat mengobati rasa rindu sajian kopi di kampung halaman selama berada di luar kota, selama melaksanakan dinas luar daerah.

Sementara itu, seorang pekerja di warung milik Asin kepada Antara mengaku, bubuk kopi tubruk yang dijual tersebut didatangkan langsung dari Meulaboh, Aceh Barat melalui jasa pengiriman paket.

"Bubuk kopinya memang langsung dikirim dari Aceh ke Surabaya," kata seorang pelayan warung.

 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019