Lhokseumawe (Antaranews Aceh) - Untuk mencegah terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Deungeu (DBD), Korem 011/Lilawangsa dan Denkesyah IM 04.01 Lhokseumawe, Provinsi Aceh melakukan pengasapan (fogging) di seluruh kantor dan perumahan Asrama TNI-AD setempat.

Fogging yang dilakukan tersebut bertujuan untuk pemberantasan sarang nyamuk dan jentik nyamuk Aedes Aegepty (DBD) di lingkungan perkantoran dan Asrama TNI termasuk parit dan rumah warga yang ada di seputaran Korem 011/Lilawangsa, ungkap Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Purmanto, di Lhokseumawe, Rabu malam.

Sejumlah lokasi yang dilakukan fogging antara lain meliputi perkantoran Makorem 011/LW, Makodim 0103/Aut Denbekang, Denpom, Denkesyah, Denhub, Denzibang, dan seluruh perumahan Asrama TNI-AD Korem 011/Lilawangsa.

Untuk mencegah terjangkitnya DBD, selain melakukan fogging yang hanya membunuh nyamuk dewasa saja, juga perlu diperhatikan kebersihan lingkungan serta sejumlah sarana sanitasi yang ada dilingkungan masing-masing.

Fogging dan aktivitas gotong-royong bertujuan sebagai program pemberantasan sarang nyamuk dan menanamkan pola hidup bersih dan sehat yang dimulai dari lingkungan sekitar rumah prajurit hingga pada masyarakat umumnya.

"Kepada seluruh anggota dan keluarganya untuk menjaga dan melaksanakan kebersihan tempatnya masing-masing. Seperti membersihkan rumah dan juga parit diseputaran asrama dan juga lingkungan kerjanya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati," harap Danrem.

Sebagaimana diketahui, dikutip dari berbagai sumber menyebutkan, bahwa DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue.

Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang hidup di wilayah tropis dan subtropis.

Sedangkan gejala terserang DBD tersebut antara lain, demam tinggi mendadak, nyeri pada otot, sakit kepala parah dan sakit pada bagian belakang mata. Mual dan muntah serta kelelahan.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019