Banda Aceh (Antaranews Aceh) - Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kota Banda Aceh mulai menerima pengiriman surat suara Pemilu Legislatif 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua KIP Kota Banda Aceh Indra Milwady di Banda Aceh, Senin, mengatakan surat suara yang diterima baru tiga jenis pemilihan. Sedangkan dua jenis lagi masih dalam proses percetakan.

"Tiga jenis surat suara yang sudah kami terima yakni DPR RI, DPR Aceh serta pemilihan DPRK untuk lima daerah pemilihan di Kota Banda Aceh," kata Indra Milwady.

Ketua KIP Kota Banda Aceh itu menyebutkan, jumlah surat suara yang diterima sebanyak 160.570 lembar untuk jenis pemilihan DPR RI dan DPR Aceh. Sedangkan DPRK Banda Aceh sebanyak 165.572 lembar

Surat suara pemilihan DPR RI dan DPR Aceh, sebut Indra, jumlah surat suara yang dikirim masih kurang. Kekurangannya mencapai 1.431 lembar untuk masing-masing jenis pemilihan.

"Kekurangan pengiriman karena KPU yang mencetak tidak memasukkan jumlah dua persen untuk cadangan di setiap tempat pemungutan suara atau TPS," kata Indra Milwady.

Kekurangan surat suara tersebut segera disampaikan ke KPU RI. Dengan harapan, surat suara yang kurang tersebut sudah diterima pada saat pengecekan dan pelipatannya awal Maret mendatang.

"Pelipatan suara suara kami rencanakan awal Maret nanti. Rencananya, pelipatan suara suara dipusatkan di Gedung Serba Guna Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh," kata Indra Milwady.

Menyangkut surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPD RI, Indra Milwady mengatakan, masih dalam proses pengadaan. Pengadaan surat suara tersebut dilakukan KPU RI.

"Surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPD RI belum kami terima karena perusahaan yang mencetaknya berbeda. Kami belum bisa pastikan kapan surat suara tersebut dikirim ke Banda Aceh," pungkas Indra Milwady.
   

Pewarta: M.Haris SA

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019