Suka Makmue (Antaranews Aceh) - Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham secara mengejutkan menggali tumpukan sampah di selokan yang tersumbat menggunakan sebuah cangkul, saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dipusatkan di kompleks pasar tradisional Simpang Peut, Kecamatan Kuala, Kamis (21/2) pagi.

Sontak aksi bersih-bersih ini mendapatkan apresiasi dari kalangan masyarakat setempat, dan diikuti oleh warga bersama pejabat Forkompimda.

Meski sampah yang ia gali itu turut mengotori bagian sepatu dan celana olahraga yang ia kenakan, ia tetap saja melanjutkan aksi bersih-bersih tersebut bersama Kapolres AKBP Giyarto SIK dan Dandim 0116 Nagan Raya Letkol Inf Nanak Yuliana.

Usai menggali sampah, Bupati HM Jamin Idham bersama sejumlah pejabat juga memungut sampah yang berada di seputaran Pusat Pasar Simpang Peut, Kecamatan Kuala.

"Aksi bersih-bersih yang kita lakukan ini agar membudayakan hidup bersih dan sehat kepada masyarakat," kata Bupati Nagan Raya HM Jamin Idham didampingi Kabag Humas Saiful Bahri SH kepada Antara, Kamis.

Ia berharap budaya bersih dan sehat harus digalakkan di lingkungan masyarakat, agar terhidar dari berbagaimacam penyakit yang timbul dari tumpukan sampah.

Selain menggelar kegiatan memungut sampah bersama masyarakat dan Pramuka, Bupati HM Jamin Idham juga melakukan peninjauan ke lokasi tempat pembuangan akhir sampah (TPA) di kawasan Tadu Raya, sekaligus meninjau kegiatan pengelolaan limbah dan sampah di kawasan tersebut.


 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019