Blangpidie (Antaranews Aceh) - Sejumlah lubang (pot holes) pada ruas jalan nasional lintasan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai diperbaiki oleh pemerintah, sehingga arus transportasi menjadi lancar.

"Alhamdulillah, tadi pagi saya lewati jalan nasional dari Blangpidie menuju Kecamatan Tangan-Tangan tidak ada lagi lubang-lubang pada ruas jalan nasional sudah dilakukan penambalan oleh petugas dua hari lalu," kata Kasman salah seorang pengendara sepeda motor kepada Antara, Jumat.

Pengendara tersebut mengaku bersyukur dengan telah diperbaikinya jalan nasional lintas Kabupaten Abdya tersebut. Selain dapat menurunkan angka kecelaaan lalu lintas di jalan raya. Arus transportasi pengendara roda dua dan roda empat pun sudah menjadi lancar.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 11 pada Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional II Provinsi Aceh, Ringgo Radetyo ketika dihubungi mengaku telah menambal lubang-lubang pada ruas jalan nasional tersebut.

Kata dia, lubang pada ruas jalan nasional tersebut terjadi karena lapisan mulai aus di beberapa titik lokasi tertentu. Hal ini disebabkan lapis perkerasan jalan tersebut sudah cukup lama sehingga terjadi keausan ditambah lagi faktor cuaca.
Jalan nasional yang sudah selesai penambalan di Desa Tangan-Tangan Cut, Kecamatan Setia, Aceh Barat Daya, Rabu ( 20/02/2019). (Foto Antara Aceh/ Suprian).

Meskipun demikian, kata Ringgo, pihaknya selalu mensiagakan petugas di lapangan untuk melakukan monitoring harian kondisi jalan di ruas jalan nasional lintasan tersebut, sehingga dapat segera dilakukan penanganan demi kelancaran, kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Apa lagi lanjut dia, PPK 11 yang berada dibawah Balai Pelaksana Jalan Nasional 1 Aceh merupakan penanggungjawab ruas jalan nasional dari Simpang Peut Kabupaten Nagan Raya – Blangpidie hingga ke Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan.

"Jadi, penambalan lubang–lubang ini kami lakukan untuk menjaga fungsional jalan melalui program penanganan preservasi jalan nasional tahun angaran 2019 pada ruas jalan nasional lintasan tersebut," ujar Ringgo.

Ringgo berkata, saat ini pihak Balai sedang melakukan penilaian dan pengkajian kondisi jalan pada ruas jalan tersebut untuk dapat diprogramkan penanganan lanjutan, yaitu rehabilitasi jalan melalui usulan program penanganan jalan nasional tahun Anggaran 2020 di Kabupaten Abdya.

Sehingga diharapkan dengan program penangan tersebut dapat meningkatkan kemantapan jalan dan menambah umur layanan jalan pada ruas jalan nasional lintasan Abdya, demikian kata Ringgo.

Pewarta: Suprian

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019