Pemerintah Provinsi Aceh akan mengusulkan Kabupaten Aceh Jaya sebagai kawasan ekonomi khusus.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan bahwa Aceh belum ada kawasan ekonomi khusus di barat selatan sehingga dirinya punya obsesi untuk Kabupaten Aceh Jaya dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus karena melihat pelabuhannya yang sudah relatif memadai dan lokasi juga sangat bagus.

"Kita akan usulkan kepada Presiden Republik Indonesia agar  Aceh Jaya dapat dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus yang nanti mencakup  pantai barat selatan,” ujar Nova kepada Antara saat melakukan kunjungan kerja ke Aceh Jaya di Pendopo Wakil Bupati setempat, Kamis (7/3) malam

Oleh sebab itu, alnjut Gubernur, pihaknya meminta dukungan kepada Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh masyarakat Aceh Jaya.

"Mudah-mudahan usulan kita terhadap kawasan ekonomi khusus yang berpusat di Kota Calang dapat diterima oleh Bapak Presiden, kalau itu terwujud akan mengkover semua investasi yang berada di wilayah barat selatan,” katanya.

Ia mengharapkan Aceh Jaya harus siap, dan dirinya berpesan kepada pihak Provinsi dan Pemerintah Daerah agar dapat menyiapkan pengusaha-pengusaha usaha kecil dan menengah (UMKM) sebagai penunjang datangnya wisatawan di daerah ini, sehingga pengembangan wisata tidak terfokus hanya ke Sabang, Pulau Aceh, dan Pulau Banyak.

"Yang harus disiapkan baik itu alamnya dan saya rasa alam Aceh Jaya sudah cukup bagus, budaya, kuliner dan agro tourism baik itu kelapa sawit dan kopi robusta," tuturnya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019