Ratusan pemilih milenial dari berbagai perguruan tinggi mengadakan bakti sosial memungut berbagai jenis sampah yang berserakan di lokasi pantai objek wisata Lhok Bubon, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan diprakarsai Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Barat, itu diawali dengan pelepasan peserta dari ruas jalan Imam Bonjol Masji Agung Meulaboh, Minggu, pukul 09.00 WIB, rombongan dikawal Satlantas Polres Aceh Barat menuju pantai.

Setibanya di lokasi, seluruh peserta memegang kantong plastik kresek berjalan di sepanjang garis pantai memungut sampah plastik, botol bekas air mineral yang berserakan di pantai yang selama ini dibuang oleh pengunjung objek wisata setempat.

Komisioner KIP Aceh Barat, Saiful Asra, mengatakan, melalui kegiatan bertema "rekreasi, sosialisasi dan clean up" itu diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kebersaman kepedulian bersama mahasiswa memperindah objek wisata daerah.

"Ayo sama - sama kita benahi agar pantai ini indah. Melalui rekreasi, sosialias dan clean up ini semoga Pemilu 2019 di Aceh Barat dan Indonesia secara umum bisa bersih seperti pantai kita di sini," katanya saat berorasi di atas panggung.

Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai elemen, seperti aktivis penggiat lingkungan Tumbuh Untuk Peduli (Timoh) Aceh Barat, PMI, Pramuka dan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang ada di daerah setempat.

Salah seorang peserta dari Universitas Teuku Umar (UTU) Masrifa, menyampaikan, kegiatan tersebut dapat mendorong tumbuhnya partisipasi aktif kalangan pemilih milenial untuk peduli terhadap lingkungan, terutama tempat wisata yang banyak dikunjungi warga.

"Menurut saya ini sangat positif, apalagi bagi kami mahasiswa bisa diajak membersihkan pantai. Motivasinya, kita jangan hanya memanfaatkan pantai, tapi sesekali kita berikan manfaat pantai dengan kita bersihkan sehingga nyaman saat dikunjungi," jelasnya.

Setelah kegiatan memungut sampah, dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 yang disampaikan pihak KIP Aceh Barat, kepada peserta yang merupakan usia pemilih milenial, kemdian diharapkan bisa tersampaikan juga kepada masyarakat luas.

Pewarta: Anwar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2019